Begini Cara Meningkatkan Tinggi Badan Setelah Usia 18 Tahun

Fokus pada peningkatan stamina dan stabilitas otot dengan memasukkan makanan kaya nutrisi dan menerapkan pola olahraga yang tepat. - JIBI/Bisnis.com/Husin Parapat
23 Maret 2021 22:17 WIB Luke Andaresta Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA- Sebagian orang mencapai tinggi yang maksimal di usia-usia pertumbuhan. Tapi, mungkinkah menambah tinggi badan di usia setelah 18 tahun dengan asupan nutrisi dan berolahraga?

Menurut Times of India, tinggi badan, seperti banyak aspek fisik lainnya, sangat dipengaruhi oleh komposisi genetik kita. Artinya, seberapa tinggi atau pendek tubuh seseorang ditentukan oleh salah satu dari pihak orang tua. Beberapa penelitian bahkan mengatakan bahwa seseorang lebih mewarisi tinggi badan dari pihak ayah.

Alasan mengapa orang cenderung berhenti tumbuh tinggi setelah pubertas adalah karena pelat pertumbuhan. Saat mencapai pubertas, pelat pertumbuhan “terbuka” berhenti memanjang atau tumbuh, karena perbedaan hormonal. Kebanyakan wanita mencapai tinggi badan maksimal pada usia 16 tahun, sedangkan pria, tinggi badan dapat berkembang sepenuhnya antara usia 14-18 tahun.

Selain itu, pola makan dan aktivitas fisik yang seseorang ikuti juga dapat menentukan tinggi dan pertumbuhan. Ini juga alasan utama mengapa banyak atlet pemula, memiliki ciri fisik yang menakjubkan dan kekar, dibandingkan dengan rata-rata orang dewasa.

Banyak penelitian selama bertahun-tahun telah mengamati bahwa perbedaan nutrisi dan peningkatan gaya hidup telah mampu membuat perbedaan pada tinggi rata-rata orang selama lebih dari satu abad.

Berikut merupakan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan postur tubuh lebih tinggi setelah usia 18 tahun.

1. Jaga Postur

Menghabiskan waktu berjam-jam untuk duduk atau melakukan aktivitas dengan posisi bungkuk adalah hal yang sebaiknya dihindari karena bisa berdampak pada kurva alami dan kesehatan tulang belakang. Postur tubuh yang buruk membuat anda terlihat lebih pendek dari yang sebenarnya. Dengan memperbaiki postur tubuh, melakukan peregangan, latihan tulang belakang, anda bisa tampak sedikit lebih tinggi dari sebenarnya

2. Yoga

Yoga menghasilkan banyak manfaat bagi pikiran dan tubuh Anda. Mungkin tidak membuat lebih tinggi, tetapi latihan teratur dapat membangun kekuatan otot yang mendukung postur tubuh lebih baik

3. Fokus pada Pertumbuhan Otot

Fokus pada peningkatan stamina dan stabilitas otot dengan memasukkan makanan kaya nutrisi dan menerapkan pola olahraga yang tepat membantu Anda untuk mendapatkan kerangka tubuh yang baik

4. Pilih Pakaian yang Cocok

Ini adalah salah satu trik yang dapat dilakukan untuk terlihat lebih tinggi. Mengenakan celana berpinggang tinggi, atasan pas, atau satu warna dapat membuat anda tampil modis dan tampil lebih tinggi dari sebenarnya. Itu juga bisa memberi ilusi kaki dan postur tubuh yang lebih panjang.

5. Cegah Hilangnya Tinggi Badan

Osteoporosis, kompresi tulang belakang, dan faktor lain dapat membuat anda bungkuk dan kehilangan setiap inci tulang. Untuk mengatasinya, usahakan untuk menjaga nutrisi yang cukup, lakukan gerakan menahan beban yang benar, dapatkan semua vitamin dan mineral, dan hindari merokok.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia