Advertisement

Hasil Studi, Minum Kopi Sebelum Olahraga Dapat Tingkatkan Pembakaran Lemak

Newswire
Rabu, 24 Maret 2021 - 23:07 WIB
Nina Atmasari
Hasil Studi, Minum Kopi Sebelum Olahraga Dapat Tingkatkan Pembakaran Lemak Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Sebuah studi yang diterbitkan Journal Of The Internasional Society of Sport Nutrition menyebutkan bahwa minum kopi sebelum berolahraga dipercaya mampu membantu menurunkan berat badan.

Ilmuwan dari Departemen Fisiologi Universitas Granada menunjukkan, kafein dengan kadar sekitar 3 mg/kg yang diminum sebelum berolahraga dapat meningkatkan laju pembakaran lemak.

Advertisement

Studi sendiri dilakukan dengan tujuan untuk mencari tahu apakah kafein zat ergogenik (zat peningkat kinerja) dapat meningkatkan kinerja olahraga dan pembakaran lemak selama latihan.

Baca juga: 3 Tips Memilih Sandal Jepit, Gak Cuma Soal Harga!

Terlepas dari mengomsumsi suplemen yang sangat umum, bukti ilmiah mengklaim manfaat kopi sebelum berolahraga masih langka.

"Anjuran berolahraga dengan perut kosong di pagi hari untuk meningkatkan oksidasi lemak adalah hal yang lumrah. Namun, rekomendasi ini mungkin kurang memiliki dasar ilmiah, karena tidak diketahui apakah peningkatan ini disebabkan oleh olahraga pagi hari atau tidak untuk jangka waktu yang lebih lama," ungkap Francisco Jose Amaro, dari Departemen Fisiologi UGR.

Untuk sampai pada kesimpulan tersebut, sebanyak 15 laki-laki usia rata-rata 32 tahun yang berpartisipasi dalam penelitian, diminta menelan 3 mg/kg kafein pada pukul 8 pagi dan 5 sore.

Baca juga: Sebanyak 4.305 Kecamatan Bakal Punya Akses Internet Tetap

"Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa mengkonsumsi kafein selama 30 menit sebelum melakukan tes latihan aerobik meningkatkan oksidasi lemak maksimum selama latihan," jelas Francisco J. Amaro.

Selain itu, kafein juga meningkatkan oksidasi lemak selama olahraga pagi.
Singkatnya, temuan penelitian ini menunjukkan bahwa kombinasi asupan kafein dan latihan aerobik yang dilakukan di sore hari memberikan manfaat optimal bagi orang yang ingin meningkatkan pembakaran lemak selama latihan fisik.

Belakangan, laporan dari Daily Mail mengungkap, meski tidak ada pedoman khusus mengkonsumsi kafein, terlalu banyak mengonsumsi kafein dapat menyebabkan berbagai masalah termasuk insomnia, gugup, dan jantung yang berdebar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Tidak Berizin, Satpol PP Jogja Menyegel Empat Reklame Papan Nama Toko

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Densus 88 Menangkap Lagi Satu Terduga Teroris, Total Delapan Orang

News
| Jum'at, 19 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement