Hindari 5 Makanan Ini karena Bisa Sebabkan Strok

Daging merah berprotein - boldsky.com
25 Maret 2021 21:37 WIB Mia Chitra Dinisari Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Strok adalah pembunuh nomor tiga di AS, mempengaruhi lebih dari 700.000 orang setiap tahun.

Stroke dipicu oleh gaya hidup yang tidak sehat semisal kebiasaan mengonsumsi makanan tidak sehat, terutama jika dilakukan terus menerus.

Berikut lima makanan penyebab masalah kesehatan yang berujung pada strok.

1. Kerupuk, keripik, dan kue kering

Muffin, donat, keripik, kerupuk, dan banyak makanan panggang lainnya tinggi lemak trans, yang merupakan minyak terhidrogenasi yang populer di toko roti komersial karena tetap padat pada suhu kamar, sehingga produk tidak memerlukan pendinginan. Juga tercantum pada label sebagai "terhidrogenasi parsial" atau minyak terhidrogenasi, lemak trans ditemukan dalam semua jenis makanan ringan, makanan beku, dan makanan yang dipanggang, termasuk saus salad, popcorn microwave, campuran isian, tater tots beku dan kentang goreng, campuran kue , dan topping kocok.

Pelanggaran terburuk adalah makanan cepat saji yang digoreng seperti onion ring, kentang goreng, dan ayam goreng.

Usahakan untuk membatasi lemak trans tidak lebih dari 1 atau 2 gram sehari - dan sebaiknya tidak sama sekali. Hindari kentang goreng cepat saji dan item menu gorengan lainnya dan pelajari label makanan kemasan dengan cermat. 

2. Daging asap dan olahan

Jika Anda penyuka adalah pastrami, sosis, hot dog, bacon, atau sandwich kalkun asap, kata dari ahlinya adalah: Awas.

Jika sandwich kalkun asap atau ham adalah pilihan makan siang Anda, cobalah untuk mengubah pola makan Anda, beralih ke tuna, selai kacang, atau pilihan lain beberapa hari dalam seminggu. Atau masak sendiri kalkun dan ayam dan iris tipis-tipis untuk sandwich

3. Soda diet

Meskipun mengganti minuman manis dengan diet soda tampaknya merupakan solusi cerdas untuk menurunkan berat badan - tujuan yang menyehatkan jantung - ternyata diet soda kemungkinan adalah orang jahat utama dalam hal stroke.

Gantikan lebih banyak air sebagai penghilang dahaga yang paling sehat, kata para peneliti. Jika Anda tidak suka air, cobalah limun, es teh, atau jus.

4. Daging merah

Daging merah, dengan kandungan lemak jenuhnya yang tinggi, tidak sehat bagi mereka yang ingin mencegah penyakit jantung dan stroke bukanlah berita baru.

Usahakan untuk mengganti lebih banyak daging unggas atau yang berdaging putih  dan ikan. Selain itu, pilih sumber protein yang paling menyehatkan jantung kapan pun Anda bisa, terutama kacang-kacangan, polong-polongan, kacang-kacangan, tahu, dan produk susu tanpa lemak.

5. Sup kalengan dan makanan siap saji

Baik itu sup kalengan, spageti kalengan, atau makan malam beku yang terdengar sehat, makanan olahan dan campurannya bergantung pada natrium untuk meningkatkan rasa dan membuat makanan olahan terasa lebih segar. Sup kalengan disebut-sebut oleh ahli gizi sebagai penyebab terburuk penyebab stroke.

Sumber : Bisnis.com