Advertisement

Mau Tidur Nyenyak? 6 Jenis Makanan dan Minuman Ini Harus Dihindari

Newswire
Kamis, 25 Maret 2021 - 23:37 WIB
Bhekti Suryani
Mau Tidur Nyenyak? 6 Jenis Makanan dan Minuman Ini Harus Dihindari Ilustrasi tidur nyenyak - Thelinenfactory

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Banyak ahli menyarankan agar kita tidak makan sebelum tidur untuk menjaga berat badan agar tak naik. Namun, tidur dengan perut kosong dapat mengaktifkan kortisol, hormon stres.

Di sisi lain, mengonsumsi makanan tertentu terlalu dekat dengan waktut tidur juga bisa mengganggu tidur Anda. Ahli diet terdaftar Julie Stefanski memaparkan camilan mana yang harus dipilih dan harus dihindari sebelum tidur.

Advertisement

Berikut 6 jenis makanan dan minuman yang harus dihindari pada malam hari agar tidur nyenyak, seperti dikutip dari Tempo.co. 

1. Makanan pedas
Jika Anda penggemar berat makanan pedas, Anda mungkin lebih baik menyimpannya untuk makan siang atau makan malam lebih awal. Pasalnya, makanan pedas bisa memicu refluks asam, bahkan di tengah malam setelah Anda terlelap. Makanan pedas juga mengandung capsaicin tingkat tinggi. Bahan kimia ini akan meningkatkan suhu tubuh sehingga dapat mengganggu tidur Anda.

2. Alkohol
Stefanski mencatat bahwa alkohol terkenal dapat mengganggu tidur. Bukan itu saja, alkohol juga bisa membuat bangun keesokan paginya jauh lebih sulit karena efek hangover.

3. Makanan Digoreng & Berlemak
Makanan yang digoreng dan berlemak juga diketahui memicu refluks pada malam hari. Lemak sehat seperti kacang-kacangan dan biji-bijian atau alpukat sebenatnya boleh saja. Namun, jika menyangkut lemak jenuh dan makanan yang digoreng, dapat menyebabkan gangguan pencernaan, kembung, dan refluks asam — tidak ada yang bagus untuk tidur nyenyak.

4. Makanan Asam
Stefanski mencatat salah satu pendekatan terbaik untuk makan malam adalah mencoba dan menurunkan produksi asam lambung. Tidak makan terlalu dekat sebelum tidur akan membantu hal ini, dan tentu saja, menghindari makanan asam juga merupakan pilihan yang baik. Ini mencakup segala sesuatu mulai dari gula, biji-bijian, produk susu dan daging tertentu, dan makanan yang dipanggang.

5. Minuman Berkarbonasi & Berkafein
Perlu diingat kopi bukan satu-satunya minuman berkafein yang harus dihindari sebelum tidur. Soda dan teh berkafein juga dapat membuat Anda terjaga. Minuman berkarbonasi, jelas Stefanski, juga bisa mengganggu pencernaan dan menyebabkan naiknya asam lambung.

6. Makan Besar
Terakhir, Anda harus menghindari makan makanan apa pun dalam jumlah besar sebelum tidur. Mencoba tidur dengan perut buncit jauh dari nyaman, dan melanjutkan pencernaan sepanjang malam membutuhkan energi. Makan siang yang lebih besar dan makan malam yang lebih ringan cenderung membantu tidur lebih cepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

BREAKING NEWS: Gempa Bumi Magnitudo 5 Guncang DIY, Ini Lokasi Pusatnya

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Mendag Sebut Kemendag Tak Tinggal Diam Mengetahui Perdagangan Pakaian Bekas Impor Kembali Marak

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement