Advertisement

Konsumsi 5 Makanan Ini Untuk Mencegah Diabetes

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 28 Maret 2021 - 05:47 WIB
Nina Atmasari
Konsumsi 5 Makanan Ini Untuk Mencegah Diabetes Oatmeal - boldsky.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Sebelum terlambat, sebaiknya Anda mengambil tindakan untuk mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2. Memang risiko terbesar diabetes bersifat genetik tetapi faktor gaya hidupĀ  seperti olahraga dan pola makan sehat dapat mengurangi risiko Anda.

Lantas apa sebenarnya diet yang dianggap sehat untuk mencegah diabetes? Berikut lima makanan yang bisa Anda makan setiap hari untuk mengurangi risiko Anda seperti dilansir Eating Well :

Advertisement

1. Kacang-kacangan

Gula darah yang terus meningkat adalah salah satu faktor risiko diabetes, dan semakin banyak Anda mengemil karbohidrat olahan, semakin tidak stabil gula darah Anda. Untuk mengekang keinginan makan karbohidrat sore, mengemil makanan tinggi protein dan lemak seperti kacang-kacangan untuk membuat Anda kenyang sampai waktu makan malam.

Selain itu, kacang-kacangan memiliki kandungan lemak tak jenuh ganda yang tinggi - yang telah dikaitkan dengan perlambatan perkembangan diabetes tipe 2.

2. Havermut

Dengan empat gram serat dalam satu cangkir porsi oatmeal, menikmati semangkuk sarapan akan membuat Anda kenyang untuk waktu yang lama - dan bahkan mungkin mencegah Anda ngemil sebelum makan siang. Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa orang yang makan serat paling banyak - lebih dari 26 gram sehari menurunkan kemungkinan terkena diabetes tipe 2 sebesar 18 persen, dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi paling sedikit (kurang dari 19 gram setiap hari).

Serat membantu menjaga gula darah tetap stabil yang dapat membantu Anda menurunkan risiko terkena diabetes.

3. Buah-buahan

Selain mengandung banyak vitamin dan mineral, makan buah setiap hari akan menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2. Karena diet tinggi serat telah diketahui dapat mengurangi risiko diabetes, Anda sebaiknya fokus pada buah-buahan yang tinggi serat seperti apel (termasuk kulitnya!), Beri dan buah jeruk.

4. Sayuran

Meskipun semua sayuran harus masuk dalam menu makanan Anda, penting untuk fokus pada sayuran hijau dan tidak bertepung untuk mencegah diabetes. Sayuran kucifer seperti brokoli, kangkung dan kubis Brussel memberi Anda vitamin dan mineral untuk menjaga tubuh Anda berjalan lancar (dan juga menghasilkan serat).

Selain kandungan seratnya, sayuran cruciferous mengandung sulforaphane-senyawa anti-inflamasi yang dapat melindungi dari kerusakan pembuluh darah yang terkait dengan diabetes dan membantu mengontrol gula darah. Selain itu, bayam adalah sumber magnesium yang bagus, yang membantu tubuh Anda menggunakan insulin untuk mengontrol kadar gula darah Anda.

5. Kacang polong

Dari buncis hingga lentil, kacang polong sangat serbaguna dan bagus untuk mengurangi risiko diabetes tipe 2. Tidak hanya dikemas dengan serat yang akan membantu menstabilkan gula darah Anda, tetapi juga penuh dengan protein yang akan membuat Anda kenyang dan mencegah Anda ngemil untuk membantu menjaga berat badan Anda - yang merupakan faktor risiko diabetes tipe 2.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Tidak Berizin, Satpol PP Jogja Menyegel Empat Reklame Papan Nama Toko

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Densus 88 Menangkap Lagi Satu Terduga Teroris, Total Delapan Orang

News
| Jum'at, 19 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement