Advertisement

Begini Tren Desain Hunian Minimalis ala Milenial

Desyinta Nuraini
Senin, 29 Maret 2021 - 08:27 WIB
Nugroho Nurcahyo
Begini Tren Desain Hunian Minimalis ala Milenial Desain rumah minimalis - minimalis.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Gaya hidup milenial yang mandiri, simpel, dan serba praktis mempengaruhi gaya arsitektur di masa sekarang ini. 

Senior Arsitek dari Hadiprana Design Consultan Arief Sedijanto mengatakan arsitektur modern dalam hal ini minimalis akhirnya menjadi pilihan dan tren hingga tahun ini.

Advertisement

Desain yang simpel, tidak banyak pernak-pernik, didukung kemajuan teknologi, dan interior yang praktis namun multifungsi menjadi gambarannya. Misalnya kini lebih banyak rumah yang memiliki pantry kecil yang bisa difungsikan sebagai ruang keluarga bahkan tamu, karena memang tren memasak yang ribet terbilang sudah jarang. 

"Hidup itu makin simpel termasuk ruang semakin simpel dan peralatan juga simpel. Secara fungsi dan visual minimal," jelasnya.

Tak hanya itu, tren protokol kesehatan juga diterapkan. Arief mengaku banyak kliennya kini yang meminta dibuatkan tempat cuci tangan atau ruangan khusus blue light sebagai upaya pencegahan virus corona masuk dan menyebar ke dalam rumah.

Pandemi Covid-19 juga mengubah model tata ruang dimana kini rumah wajib memiliki ruang kerja. Ya, Covid-19 memaksa banyak orang melakukan aktivitas di rumah, tak terkecuali bekerja.

Sebuah ruang lengkap dengan 'alat perang' yang mendukung pekerjaan termasuk kedap suara menjadi tren di masa kini.

Di sisi lain, Arief menerangkan banyak konsumen yang meminta rumah dibuat lapang dengan meminimalisir sekat, kecuali ruang privasi seperti kamar tidur. Jendela panjang dan besar, serta atap yang tinggi juga diminati guna menjamin terjadinya sirkulasi udara yang baik.

Manfaat lain, ruang minim sekat dan jendela besar ini guna memunculkan pencahayaan dan penghawaan alami. Dengan rumah ramah lingkungan karena adanya penghematan energi pun tercipta.

"Ramah lingkungan tidak selalu terhadap tanaman tetapi energi. Hunian yang ramah lingkungan bisa lebih efisien terhadap energi yang bisa dipakai," tutur Arief.

Dia menambahkan walaupun model rumah modern sedang diminati saat ini, sebagian orang juga menyukai rumah bergaya klasik, begitu pula dengan arsitektur Indonesia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pertobatan Ekologis dan Persoalan Sampah Jadi Topik Peragaan Jalan Salib di Gereja Ini

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Driver Pelaku Pemerasan Grab Car Ditangkap, Begini Kronologi Aksinya...

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 15:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement