Karbohidrat Dibutuhkan Tubuh, Namun Jangan Dikonsumsi di Waktu Ini

Nasi - istimewa
30 Maret 2021 07:17 WIB Janlika Putri Indah Sari Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Haruskah berhenti mengonsumsi karbohidrat untuk menurunkan berat badan lebih cepat?

Baik atau buruk karbohidrat, tidak mudah untuk menjadikannya musuh. Akan sulit menjalani hari tanpa memakannya. Mengkonsumsi diet rendah karbohidrat dianggap ideal untuk menurunkan berat badan dan mencapai banyak tujuan kebugaran lainnya.

Faktanya, karbohidrat kompleks juga dapat menjadi energi dan menstabilkan suasana hati Anda.

Melansir dari ETimes, Berikut adalah 5 situasi tepat menghindari karbohidrat :

1. Sebelum Berolahraga

Makanan pra-olahraga dapat memberi Anda semua energi yang Anda butuhkan untuk membakar kalori. Meskipun Anda mungkin berpikir karbohidrat adalah cara terbaik untuk mendapatkan energi instan, memiliki banyak karbohidrat dapat menyebabkan mual, terutama jika Anda mengikuti latihan yang intens.

Mengemil sesuatu yang menghidrasi atau kaya protein bisa menjadi pilihan yang lebih baik. Itu akan membantu pemulihan dan pembentukan otot. Dengan cara yang sama, Anda tidak boleh memilih makanan sarat karbohidrat instan setelah menyelesaikan latihan Anda.

Pilih sesuatu yang sehat yang akan membantu Anda mendapatkan hasil optimal dan memaksimalkan latihan Anda.

2. Pagi Hari

Kita semua tahu bahwa karbohidrat berat sebaiknya dihindari di malam hari. Namun mengonsumsinya di pagi hari juga tidak ideal. Bingung? Kami memberi tahu Anda alasannya. Banyak dari kita mungkin terbiasa makan sereal atau roti setelah bangun tidur. Namun, banyak dari sumber karbohidrat ini yang dimurnikan atau dikemas dalam gula dan fruktosa tinggi yang dapat meningkatkan kadar insulin.

Jika Anda kebetulan makan sarapan larut malam, karbohidrat yang berat dapat membuat Anda merasa lesu dan mengalami 'food coma'. Sebaliknya, pilihlah makanan yang juga mengandung lemak dan protein, yang juga akan membuat Anda kenyang lebih lama.

3. Saat Bosan

Stres akan akan membuat seseorang ingin makan dan mengunyah. Selain itu rasa bosan juga membuat ingin mengkonsumsi sesuatu sambil menonton serial. Ini adalah kebiasaan umum yang sayangnya juga membuat banyak orang rentan mengalami kenaikan berat badan. Mengunyah yang tidak terkelola dapat menyebabkan aktivitas yang berlanjut.

Jika Anda kebetulan makan karbohidrat pada larut malam, hal itu dapat menyebabkan lonjakan insulin secara tiba-tiba dan mungkin juga tidak dapat dicerna dengan baik oleh tubuh. Pilihlah pilihan ngemil yang lebih sehat, seperti kacang-kacangan dan biji-bijian, muesli atau salad.Terkadang, air juga bisa membantu.

4. Jika Belum Tidur Nyenyak

Saat Anda kurang tidur, hormon Anda akan rusak dan metabolisme Anda tidak seimbang, hal ini membuat Anda menginginkan sesuatu yang menenangkan seperti makanan kaya karbohidrat.
Ini adalah waktu untuk menahan keinginan Anda, pilihlah sesuatu yang dikemas dengan protein atau memiliki indeks glikemik rendah sebagai gantinya. Ini jika Anda ingin mengurangi beberapa inci dari lingkar pinggang Anda. Tidur yang buruk juga dapat memicu tingginya kortisol, yang mungkin membuat Anda memiliki lebih banyak gula.

5. Padukan Bersama Menu Sehat Lain

Meskipun Anda harus memilih karbohidrat berkualitas baik dalam diet Anda, penting pula untuk memasangkannya dengan menu baik lain. Jika Anda memilikinya tanpa pendamping, itu dapat mengganggu saluran pencernaan Anda karena terlalu berlebihan jumlahnya.

Terkadang, bentuk karbohidrat tertentu seperti produk bergula dapat mengganggu perut dan membuat Anda keluar jalur kebugaran. Oleh karena itu, pasangkan dengan menu baik, dan hitung kandungan setiap kelompok nutrisi di piring Anda

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia