Advertisement

11 Makanan Ini Bisa Menurunkan Kolesterol

Lukman Nur Hakim
Rabu, 07 April 2021 - 13:07 WIB
Bhekti Suryani
11 Makanan Ini Bisa Menurunkan Kolesterol Ilustrasi - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Kolesterol adalah salah satu penyakit yang paling banyak menyerang masyarakat. tidak menyenangkan jika kita terkena penyakit tersebut. Sebab, penderita tidak lagi bisa makan makanan secara bebas lagi.

Menjelang bulan Ramadan, akan ada banyak penjual jajanan dan makanan yang banyak mengandung kolesterol yang tinggi. Terlebih, masyarakat indonesia memiliki ciri khas dengan makanan yang memiliki minyak berlebih.

Advertisement

Untuk itu, seharusnya dalam menanggulangi kolesterol kita bisa menambahkan jenis jenis makanan khusus yang membantu agar kolesterol menurun. Dilansir dari Health Harvard, ada beberapa makanan yang memiliki fungsi untuk menurunkan kolesterol, berikut makanan tersebut:

1. Oat

Oat adalah makanan mudah untuk menurunkan kolesterol, oat memberi anda 1 hingga 2 gram serat larut. Tambahkan pisang atau stroberi untuk setengah gram lagi. Pedoman nutrisi saat ini merekomendasikan untuk mengonsumsi 20 hingga 35 gram serat sehari, dengan setidaknya 5 hingga 10 gram berasal dari serat larut.

2. Barley dan biji-bijian lainnya

Seperti oat dan dedak gandum, barley dan biji-bijian lainnya dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, terutama melalui serat larut yang dihasilkannya.

3. Biji

Biji sangat kaya akan serat larut. Mereka juga membutuhkan waktu beberapa saat untuk dicerna oleh tubuh, yang berarti anda akan merasa kenyang lebih lama setelah makan. Itulah salah satu alasan kacang merupakan makanan yang bermanfaat bagi orang yang mencoba menurunkan berat badan.

4. Terong dan okra

 Kedua sayuran rendah kalori ini merupakan sumber serat larut yang baik.

makanan menurunkan kolesterol

5. Kacang

Memakan almond, kenari, kacang tanah, dan kacang-kacangan lainnya baik untuk jantung. Makan 2 ons kacang sehari bisa sedikit menurunkan LDL, sekitar 5 persen. Kacang memiliki nutrisi tambahan yang melindungi jantung dengan cara lain.

6. Minyak sayur

 Menggunakan minyak nabati cair seperti kanola, bunga matahari, safflower, dan lainnya sebagai pengganti mentega, lemak babi, atau mentega putih saat memasak atau di meja membantu menurunkan LDL.

7. Apel, anggur, stroberi, buah jeruk

Buah-buahan ini kaya akan pektin, sejenis serat larut yang menurunkan LDL.

kolesterol, makanan cegah kolesterol

8. Makanan yang diperkaya dengan sterol dan stanol

 Sterol dan stanol yang diekstrak dari tumbuhan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap kolesterol dari makanan.

9. Kedelai

 Makan kedelai dan makanan yang dibuat darinya, seperti tahu dan susu kedelai, pernah disebut-sebut sebagai cara ampuh untuk menurunkan kolesterol.

10. Ikan berlemak

Makan ikan dua atau tiga kali seminggu dapat menurunkan LDL dengan dua cara: dengan mengganti daging, yang memiliki lemak jenuh penambah LDL, dan dengan memberikan lemak omega-3 penurun LDL.

11. Suplemen serat

Suplemen menawarkan cara yang paling tidak menarik untuk mendapatkan serat larut. Dua sendok teh psyllium sehari, yang ditemukan di Metamucil dan obat pencahar pembentuk massal lainnya, menyediakan sekitar 4 gram serat larut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 20 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement