Advertisement

Teh Cengkeh Bisa Lancarkan Pencernaan dan Bikin Langsing. Begini Resepnya...

Feni Freycinetia Fitriani
Rabu, 07 April 2021 - 21:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Teh Cengkeh Bisa Lancarkan Pencernaan dan Bikin Langsing. Begini Resepnya... Minuman herbal teh cengkeh ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh - Times of India

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Selain memiliki aroma yang khas, bumbu dapur memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan.

Seperti halnya cengkeh merupakan salah satu bumbu yang mudah ditemukan di setiap dapur. Bumbu ini ternyata dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda. Bahkan menurunkan berat badan.

Advertisement

Cengkeh bersifat anti-inflamasi dan anti-bakteri dapat membantu meningkatkan pencernaan dan meredakan penyakit kesehatan lainnya. Anda dapat menambahkan bumbu ini saat menyiapkan kari atau bahkan dapat menambahkan bubuk cengkeh ke minuman Anda untuk mendapatkan manfaat kesehatannya yang luar biasa.

Jika Anda adalah seseorang yang suka minum teh, maka teh cengkeh juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Dilansir dari Times of India, teh cengkeh bisa membantu melancarkan pencernaan Anda. Senyawa yang ada dalam cengkeh dan rempah-rempah yang digunakan dalam teh dapat meningkatkan proses pencernaan Anda, yang pada gilirannya dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Rempah-rempah juga dikenal dapat meningkatkan laju metabolisme Anda, yang mempercepat proses pembakaran lemak.

Baca juga: Meski Mengandung Babi, Wapres Minta Vaksinasi MUI di Daerah Juga Pakai AstraZeneca

Cengkeh juga sarat dengan sifat antiseptik yang dapat membantu mengatasi masalah kulit dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Selain itu, juga dapat membantu mengurangi stres oksidatif, yang dapat memperlambat munculnya keriput, bintik-bintik penuaan, dan noda hitam di wajah.

Teh khusus ini juga dapat membantu mengatasi kemacetan dada dan dapat membantu meredakan sinusitis. Kehadiran eugenol dalam bumbu dapat membersihkan hidung tersumbat dan memberikan kelegaan. Cengkeh mengandung vitamin E dan vitamin K yang dapat membantu melawan infeksi bakteri. Teh cengkeh juga efektif untuk mengatasi demam.

Resep Minuman Teh Cengkeh dilansir dari Bisnis.com--jaringan Harianjogja.com

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
2 gelas air putih
4-5 butir cengkeh
1/2 inci kayu manis (batang)
1/2 inci atau 1/2 ruas jahe
1 buah jeruk lemon, peras airnya
1 sendok teh madu

Cara Membuat:
- Tuang 2 gelas air ke dalam panci yang dalam dan didihkan.
- Angkat air dari kompor lalu dan tambahkan 4-5 siung cengkeh, jahe parut, dan batang kayu manis yang dihancurkan kasar ke dalam panci.
- Biarkan bahan terendam selama 15 hingga 20 menit.
- Saring air dalam cangkir dan tambahkan 1 sendok teh madu dan 1 sendok makan jus lemon ke dalamnya.
- Nikmati teh cengkeh selagi hangat.

Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal dan Lokasi SIM Keliling di Jogja Kamis 25 April 2024

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 02:37 WIB

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement