Menangis Punya Manfaat untuk Kesehatan

Ilustrasi menangis - Shutterstock/Suara.com
08 April 2021 21:37 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Menangis ternyata punya sejumlah manfaat bagi kesehatan.

Menangis adalah hal yang sangat wajar dilakukan manusia. Saat kita dilahirkan oleh ibu, respon tubuh kita pertama kali menyambut dunia baru adalah dengan menangis. Setiap orang pasti pernah menangis entah itu untuk mengungkapkan perasaan bahagia, sedih, kecewa, atau marah.

Beranjak dewasa, terkadang kamu akan sedikit canggung untuk menangis karena takut dinilai lemah. Padahal, menangis termasuk respon alami seseorang untuk mengungkapkan perasaannya. Lebih dari itu, menangis ternyata bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Berikut ini beberapa manfaat yang dapat kamu rasakan usai menangis, mengutip dari laman Hellosehat:

1. Melepaskan stres

Menangis saat stres dapat menjadi pilihan terbaik untuk melepaskan stres itu sendiri dan membuat perasaan lega setelahnya. Hal ini tidak lain karena ketika seseorang menangis karena stres, maka tubuh melepaskan hormon stres atau racun dari tubuh yang mengalir melalui air mata.

2. Meningkatkan suasana hati

Menangis mempunyai manfaat tersendiri bagi kesehatan psikologis. Menangis diyakini dapat meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik. Menurut sebuah penelitian dari University of South Florida (2008), menangis membuat seseorang merasa lebih tenang dan suasana hati membaik.

3. Menjaga kesehatan mata

Air mata diproduksi melalui kelenjar lakrimal. Air mata dapat bermanfaat untuk membersihkan mata dari debu, menghindarkan dari iritasi, dan menjaga kelembapan mata. Oleh sebab itu, mengeluarkan air mata ini mampu membuat penglihatan seseorang menjadi lebih jernih.

Selain itu, menangis berguna untuk mencegah membran mukosa pada organ mata mengalami kekeringan yang berpotensi membuat mata terserang bakteri. Kandungan antibakteri dalam air mata berupa lisozim dapat membunuh bakteri tertentu dengan menghancurkan dinding sel bakteri.

Air mata basal atau air mata yang selalu membasahi daerah sekitar mata berperan besar melindungi mata kita dari berbagai benda asing.

Demikianlah 3 manfaat yang dapat kamu peroleh dari menangis untuk kesehatan. Lepaskan saja bebanmu melalui tangisan.

Sumber : Suara.com