Catat! Daftar Penyakit yang Muncul Karena Kekurangan Vitamin dan Nutrisi

Ilustrasi sel darah merah - Istimewa
09 April 2021 14:37 WIB Mia Chitra Dinisari Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Gizi dan kecukupan nutrisi sangat penting untuk kehidupan dan kesehatan tubuh.

Kekuranagan gizi dan nutrisi sudah diketahui semua orang bisa menimbulkan beragam penyakit.

Dari mulai yang ringan hingga yang berat. Tubuh kita membutuhkan semua jenis nutrisi penting agar dapat berfungsi dengan baik, yang jika tidak ada dapat menyebabkan malnutrisi, akibatnya tubuh kita tidak mendapatkan cukup nutrisi,

Pada dasarnya kekurangan nutrisi dapat disebabkan oleh asupan nutrisi yang buruk, kondisi kesehatan kronis, kondisi kesehatan akut, obat-obatan, perubahan metabolisme nutrisi, atau kombinasi dari faktor-faktor ini, dan dapat berdampak pada tingkat makronutrien dan mikronutrien dalam tubuh. Ini, pada gilirannya, dapat menyebabkan perubahan dalam metabolisme energi, fungsi kekebalan, fungsi kognitif, pembentukan tulang, dan / atau fungsi otot, serta pertumbuhan dan perkembangan.

Ada banyak kekurangan dan penyakit yang disebabkan oleh malnutrisi, beberapa di antaranya adalah penyakit kudis, penyakit beri-beri, gondok, anemia dll.

Berikut daftar beberapa penyakit yang disebabkan oleh kekurangan nutrisi dan cara mencegahnya secara efektif seperti dilansir dari Boldsky:

1. Osteoporosis

Osteoporosis disebabkan oleh kekurangan vitamin D dan kalsium. Ini mempengaruhi kesehatan tulang dan tulang belakang dan menyebabkan tulang tidak sehat yang lebih rentan terhadap patah tulang dan cacat pada struktur tulang belakang. Menurut International Osteoporosis Foundation, diperkirakan osteoporosis mempengaruhi sekitar 200 juta wanita di seluruh dunia. Dibandingkan dengan pria, wanita lebih mungkin terkena osteoporosis. Pisang, bayam, susu, dan okra adalah beberapa sumber vitamin D.

Beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengelola dan mengendalikan osteoporosis adalah menghindari merokok dan konsumsi alkohol yang berlebihan, berhati-hati dan hindari jatuh, tambahkan kalsium dan vitamin D dalam makanan Anda, olah raga angkat beban secara teratur, seperti jalan kaki dan olah raga untuk meningkatkan kelenturan dan keseimbangan, seperti yoga.

2. Anemia

Anemia disebabkan oleh kekurangan zat besi. Kekurangan zat besi menyebabkan penurunan jumlah sel darah merah atau hemoglobin dalam tubuh. Ini, pada gilirannya, menyebabkan kelelahan, kelemahan, dan pucat di tubuh. Ini bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan kaya zat besi seperti kacang-kacangan, tahu. Anda bisa mengkonsumsi sumber hewani (atau zat besi) seperti daging, unggas, ikan dan telur. Seseorang juga bisa mendapatkan zat besi dari sumber makanan vegetarian seperti kacang-kacangan dan sayuran hijau lainnya dan meningkatkan penyerapannya dengan menggabungkan makanan kaya zat besi dengan vitamin C (buah jeruk)

3. Gondok

Gondok terutama disebabkan oleh kekurangan yodium. Yodium penting untuk metabolisme sel. Gondok menyebabkan pembesaran kelenjar tiroid yang menyebabkan hipotiroidisme, pertumbuhan yang buruk, dan keterbelakangan mental. Garam beryodium dan ikan air asin harus dikonsumsi untuk mencegah timbulnya gondok (kebanyakan gondok sederhana). Penyebab lain gondok termasuk sistem kekebalan tubuh yang menyerang kelenjar tiroid (masalah autoimun), merokok, makan makanan tertentu dalam jumlah sangat besar (kedelai, kacang tanah, atau sayuran dalam keluarga brokoli dan kubis) dll. 28 Pengobatan Rumahan yang Efektif Untuk Gondok

4. Kebutaan Malam

Salah satu penyebab utama rabun senja adalah kekurangan vitamin A. Dalam kondisi yang parah, rabun senja juga bisa menyebabkan hilangnya penglihatan. Memasukkan makanan yang kaya vitamin A seperti wortel dan sayuran berdaun hijau bisa mencegah gangguan ini. Jika rabun senja disebabkan oleh kekurangan vitamin A, hal itu dapat disembuhkan sepenuhnya.

5. Depresi

Ada beberapa kekurangan nutrisi yang dapat menyebabkan depresi. Kekurangan vitamin D, asam lemak omega-3, magnesium, vitamin B kompleks, folat, dll., Semuanya dapat menyebabkan perkembangan depresi. Gejala depresi berpotensi mempengaruhi semua bidang kehidupan seseorang, termasuk pekerjaan, pola makan, tidur, dan hubungan interpersonal. Studi menunjukkan bahwa depresi disebabkan oleh kombinasi faktor genetik, biologis, lingkungan dan psikologis, di mana kekurangan nutrisi dianggap sebagai salah satu penyebab utamanya.

6. Penyakit Beri

Beri-beri disebabkan oleh kekurangan vitamin B1. Beberapa gejalanya termasuk degenerasi otot, koordinasi otot yang berubah, dan masalah kardiovaskular. Sumber seperti daging, telur, biji-bijian, dan kacang-kacangan kaya akan tiamin atau vitamin B1 dan dapat membantu mengelola timbulnya masalah kesehatan.

Beberapa masalah kesehatan lain yang disebabkan oleh kekurangan nutrisi adalah sebagai berikut :

a. Anemia mikrositik

b. Pembengkakan bibir dan retakan di sudut mulut

c. Lidah bengkak

d. Kebingungan

e. Perkembangan penyakit kudis meliputi kelelahan, radang gusi, dan jaringan ikat yang melemah

f. Perkembangan rakhitis pada anak-anak atau osteomalasia pada orang dewasa

g. Kehilangan nafsu makan dan kelemahan

h. Rambut dan kuku rapuh

i. Gusi berdarah

j. Sindrom kaki gelisah

k. Bisul mulut

l. Pertumbuhan putih pada mata

m. Ketombe dan bercak Rambut rontok

Sumber : Bisnis.com