Advertisement

7 Langkah Memperbaiki Hubungan yang Beracun

Desyinta Nuraini
Jum'at, 09 April 2021 - 22:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
7 Langkah Memperbaiki Hubungan yang Beracun Pasangan kencan - boldsky.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Menjalani toxic relationship atau hubungan beracun bisa membawa dampak buruk bagi keadaan fisik maupun mental seseorang.

Pertengkaran yang terus-menerus menyebabkan hilangnya harga diri, rendah diri, dan perasaan tidak berharga. Sayangnya banyak orang bahkan tidak menyadari bahwa mereka berada dalam hubungan yang beracun itu.

Advertisement

Melansir Times of India, Jumat (9/4/2021), berikut 7 langkah yang diperlukan untuk memperbaiki hubungan yang beracun :

1. Pahami apakah hubungan tersebut bisa diperbaiki

Toxic relationship dapat berubah jika kedua pasangan sama-sama berkomitmen untuk mengatasinya dengan banyak komunikasi secara terbuka, jujur, mau merefleksi diri, atau dibantu oleh profesional.

2. Bersedia untuk pergi

Sebelum menghadapi pasangan yang beracun, pastikan harga diri dan kepercayaan diri Anda cukup baik untuk memastikan diri Anda akan baik-baik saja jika keputusannya hubungan tersebut akan berakhir.

Jika Anda tidak mau melakukannya, pasangan Anda pada akhirnya akan tahu bahwa apa pun yang mereka lakukan, Anda tidak akan pernah pergi.

3. Gunakan suara Anda

Seringkali dalam hubungan yang beracun, Anda bungkam untuk membuat pasangan Anda kesal, yang seiring waktu dapat membangun kebencian. Jika Anda merasa cemas untuk mengkomunikasikan sesuatu kepada pasangan karena takut dengan tanggapannya, perhatikan gerak-geriknya terlebih dahulu dan kemudian bicarakan perlahan.

4. Mulai menggunakan ruang

Dalam hubungan yang beracun, seseorang sering kali tidak menghargai diri sendiri atau kebutuhannya sendiri karena pola dan siklus beracun pasangannya. Ekspresikan perasaan Anda dengan pasangan, dan beritahu dia bahwa Anda ingin mengambil ruang dalam hubungan sehingga Anda juga merasa diikutsertakan.

5. Cari bantuan

Seseorang dapat mengenali hubungan beracun jika salah satu atau kedua pasangan merasa lebih buruk tentang diri mereka sendiri ketika berada dalam hubungan tersebut. Jika sudah mencapai tahap ini dalam hubungan, Anda perlu menemui ahli kesehatan mental yang memberikan perspektif kepada Anda.

6. Belajar untuk mempercayai diri sendiri

Hubungan yang beracun seringkali melibatkan gaslighting yang dapat membuat Anda terus-menerus mempertanyakan tingkat kepekaan dan penilaian Anda. Ini dapat dengan cepat berubah menjadi Anda tidak mempercayai perasaan dan pikiran Anda sendiri.

7. Cari cara yang lebih sehat untuk mengungkapkan kritik bersama

Kritik yang membangun bisa sehat dalam semua konteks hubungan. Tetapi jika seseorang biasa mengkritik Anda dengan cara yang menghakimi atau merendahkan yang tidak lagi membantu, itu tidak baik. Anda harus membangun dialog di mana Anda berdua dapat mendengarkan sudut pandang satu sama lain, jadi ini bukan hanya monolog satu orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok dan Aksi Donor Darah di Wilayah DIY Hari Ini, Selasa 19 Maret 2024

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 10:27 WIB

Advertisement

alt

Kemlu Tanggapi Anggota Komite HAM PBB Terkait Netralitas Jokowi dalam Pemilu 2024

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement