Advertisement

Efeknya Buruk, Ini Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 10 April 2021 - 07:57 WIB
Nina Atmasari
Efeknya Buruk, Ini Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan Pisang dan susu - istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Tubuh memerlukan makanan untuk tetap tumbuh. Namun, dalam kondisi tertentu, makanan bisa menjadi musuh Anda. Itu semata-mata tergantung pada bagaimana Anda memilih untuk menangani makanan, yaitu apa yang Anda makan; saat Anda makan; dan bagaimana Anda memakannya.

Ilmu makanan dan makan menekankan pada pentingnya cara makan yang benar, yang juga berbicara tentang manfaat kombinasi makanan. Misalnya, teh hijau + lemon adalah kombinasi makanan yang luar biasa sehat yang meningkatkan manfaat teh hijau dan lemon, atau menambahkan jus jeruk ke teh hijau meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap antioksidan lebih dari lima kali.

Advertisement

Menurut Ayurveda atau metode pengobatan tertua di India, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi berbarengan, karena bisa berdampak buruk pada kesehatan, berikut daftarnya dilansir dari Boldsky :

1. Madu dan lemak

Menurut Ayurveda, mencampurkan madu dengan lemak adalah TIDAK Benar. Madu memiliki sifat panas dan madu memiliki sifat dingin, dan seseorang tidak boleh menggabungkan sifat yang berlawanan dalam jumlah yang sama; terutama jika madu dipanaskan dan dicampur dengan lemak, karena menghasilkan HMF (senyawa organik yang terbentuk dari gula dalam lingkungan asam selama perlakuan panas) yang dapat menyebabkan efek samping.

2. Madu dan Lobak

Menurut Ayurveda, menggabungkan lobak dengan madu dapat menyebabkan pembentukan senyawa beracun, yang dapat menyebabkan masalah pencernaan yang merugikan.

3. Madu dan Air Mendidih

Menambahkan madu ke dalam air panas menyebabkan peningkatan besar hydroxymethyl furfuraldehyde (HMF) yang dapat meningkatkan toksisitas dalam tubuh manusia.

4. Susu dan Melon

Semua melon tidak boleh digabungkan dengan susu karena keduanya mendingin, tetapi susu bersifat pencahar dan diuretik melon. Susu membutuhkan lebih banyak waktu untuk pencernaan dan asam lambung yang dibutuhkan untuk mencerna melon menyebabkan susu mengental, jadi Ayurveda menyarankan untuk tidak mengonsumsi susu dengan makanan asam.

5. Susu dan Pisang

Mengejutkan kan? Menurut Ayurveda, makan pisang dan susu bersama-sama dapat mengurangi agni (api), yang bertanggung jawab untuk pencernaan dan metabolisme makanan.

6. Susu dan Telur

Meskipun tidak apa-apa untuk memasak telur dan susu bersama-sama, telur mentah atau mentah tidak diragukan lagi tidak boleh, sesuatu yang oleh banyak orang yang sedang membangun otot dianggap sebagai makanan energi mereka. Mengkonsumsi telur mentah atau telur mentah terkadang dapat menyebabkan infeksi bakteri, keracunan makanan, dan defisiensi biotin

7. Daging dan Kentang

Jika protein hewani dimakan bersama dengan karbohidrat seperti kentang, maka cairan pencernaan yang berbeda dapat menetralkan efektivitas satu sama lain. Proteinnya dikenal bisa membusuk, dan karbohidratnya bisa berfermentasi. Hal ini dapat mengakibatkan pembentukan gas dan perut kembung di dalam sistem. Ini adalah salah satu kombinasi makanan yang tidak cocok yang harus dihindari.

8. Teh Hijau dan Susu

Teh hijau mengandung flavonoid yang disebut katekin yang memiliki beberapa efek menguntungkan pada jantung. Saat susu ditambahkan ke teh ini, maka protein dalam susu, yang disebut kasein, dapat berinteraksi dengan teh hijau untuk mengurangi konsentrasi katekin.

9. Buah setelah Makan

Buah tidak cocok dengan makanan lain. Buah-buahan mengandung gula sederhana yang tidak membutuhkan pencernaan dan bisa bertahan di perut untuk waktu yang lama. Makanan yang kaya lemak, protein, dan pati tidak akan bertahan lama karena harus dicerna. Jadi, makan beberapa buah setelah makan akan membuat gula buah bertahan di perut dalam jangka waktu lama dan bisa berfermentasi.

Beberapa kombinasi makanan yang salah lainnya adalah sebagai berikut:

a. Biji-bijian (gandum, nasi, jagung, barley, oat dll.) dengan buah atau tapioka

b. Kacang dengan buah, keju, susu dan yoghurt

c. Minuman panas dengan mangga, keju, ikan, daging, yoghurt

d. Telur dengan melon, daging dan yoghurt

e. Lemon dengan susu, tomat, yoghurt

f. Lobak dengan kismis, pisang, susu

g. Yoghurt dengan keju, ikan, telur, susu, sayuran nightshade (tomat, kentang, paprika, terong) tapioka dengan buah ( pisang dan mangga), kacang-kacangan, kismis, jaggery

h. Kemangi dengan susu

i. Bayam dengan biji wijen

j. Sayuran nightshade dengan melon, mentimun, produk susu

Risiko Kombinasi Makanan yang Salah

Beberapa kombinasi makanan yang salah dapat menyebabkan retensi air dalam tubuh, yang dikenal sebagai Kleda dan dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan kecil . Sementara cara setiap makanan mempengaruhi tubuh bervariasi (dari jenis makanan ke individu yang berbeda), beberapa masalah umum adalah sebagai berikut:

1. Gangguan Pencernaan

2. Fermentasi

3. Pembusukan

4. Pembentukan gas

5. Diare

6. Toxaemia (keracunan darah oleh racun dari infeksi bakteri lokal) dan kematian yang jarang terjadi kasus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok dan Aksi Donor Darah di Wilayah DIY Hari Ini, Selasa 19 Maret 2024

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 10:27 WIB

Advertisement

alt

RUU Daerah Khusus Jakarta Sah Dibawa ke Sidang Paripurna

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement