Advertisement

Game, Aplikasi Smartphone dengan Pertumbuhan Tertinggi

Akbar Evandio
Senin, 12 April 2021 - 13:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Game, Aplikasi Smartphone dengan Pertumbuhan Tertinggi Warga bermain game online di Lhokseumawe, Provinsi Aceh, Kamis (3/1/2019). - ANTARA/Rahmad

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Adjust, platform pemasaran aplikasi global, melaporkan game atau gim menjadi kategori aplikasi dengan tingkat pertumbuhan tercepat di dunia.

Amerika Latin mendominasi kategori gim, di mana peningkatan aksesibilitas dan pertumbuhan populasi perkotaan mendorong perkembangan seluler yang cepat.
 
“Tiga dari lima negara teratas untuk kategori gim berasal dari Amerika Latin dan Argentina memimpin. Vietnam, Brasil, Tiongkok dan Meksiko juga menempati lima peringkat teratas,” kata Andrey Kazakov, Chief Operations Officer Adjust lewat rilisnya, Senin (12/4/2021).

Advertisement

Sementara itu, dalam laporan yang sama India memiliki tingkat pertumbuhan tercepat, dengan penetrasi seluler yang senantiasa meningkat. Pendidikan menjadi kategori aplikasi dengan tingkat pertumbuhan tercepat, dan kategori Hiburan perlu dipantau karena persaingan akan semakin ketat dengan adanya aplikasi streaming dan media Over The Top (OTT).

Baca juga: Badai Seroja Tenggelamkan Sebagian Desa di NTT
 
“Aplikasi hiburan juga bertumbuh dengan pesat, dan subscription perlu dipantau. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Adjust, sekitar 80 persen dari 225 aplikasi paling populer di Google Play Store dan 50 persen dari 225 aplikasi paling populer di App Store berbasis langganan,” ujarnya.
 
Bryan Wang, Direktur Marketing Sains, Tiongkok Raya & Gaming di Facebook mengatakan aplikasi seluler adalah bisnis global. Mudah untuk dimulai karena hambatan masuk yang rendah, tetapi juga mudah untuk gagal jika Anda tidak memahami pasar dan pengguna dengan baik.
 
“Data dan wawasan dalam Laporan Pertumbuhan Aplikasi Seluler dapat membantu pengiklan aplikasi dalam mengidentifikasi strategi untuk memasuki pasar baru dan menyusun taktik sukses secara efektif," katanya. 

Baca juga: DKI Catat Vaksinasi Lansia Tertinggi se-Indonesia

Adapun laporan berjudul Pertumbuhan Aplikasi Seluler tersebut adalah hasil kerja sama Adjust dengan Facebook.

Kazakov menambahkan bahwa dengan tren yang ada saat ini, pemasar selulue membutuhkan peta jalan untuk mengidentifikasi pengguna, lokasi, dan juga momentum yang tepat. 

Dia menjelaskan aplikasi gim unggul di tingkat global. Hal ini dapat dicapai dengan menggunakan model bisnis inovatif seperti gim hiperkasual, yaitu gim yang dapat langsung dimainkan serta dirancang dengan mekanika yang sederhana dan dapat memuaskan pemainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemkot Siap Wujudkan Satu Kampung Satu Perawat

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 08:47 WIB

Advertisement

alt

RUU Daerah Khusus Jakarta Sah Dibawa ke Sidang Paripurna

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement