Advertisement

5 Gejala Diabetes Ini Sering Tidak Disadari

Desyinta Nuraini
Senin, 12 April 2021 - 19:47 WIB
Nina Atmasari
5 Gejala Diabetes Ini Sering Tidak Disadari Cek kadar gula darah - mirror.co.uk

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Penyakit diabetes memiliki sejumlah gejala, bahkan di antaranya sering tidak disadari. Banyak yang tidak menyadari mereka memiliki kondisi pemicu beragam komplikasi penyakit mematikan tersebut.

Diabetes adalah kondisi penyakit kronis yang ditandai dengan ciri-ciri berupa tingginya kadar gula (glukosa) darah. Ini disebabkan karena tubuh tidak cukup memproduksi hormon insulin, atau tubuh tidak bereaksi terhadap insulin yang membantu mengubah gula dalam darah menjadi energi itu.

Advertisement

"Diabetes adalah penyakit kronis dan progresif," tulis situs kesehatan Healthline, Senin (12/4/2021).

Untuk mencegah diabetes, penting untuk menjaga tingkat gula darah yang sehat dan penting untuk mengenali gejalanya. Akan tetapi memang gejala awal diabetes tidak sama untuk semua orang. Beberapa orang mengembangkan tanda-tanda kondisi tersebut, sedangkan yang lain mengalami gejala langka.

Berikut gejala diabetes yang kurang dikenali :

1. Penglihatan kabur

Gejala diabetes yang langka seperti memiliki penglihatan kabur atau mata bengkak. Beberapa pasien kesulitan untuk fokus pada objek tertentu. 

2. Kulit lebih gelap di leher 

Bercak kulit yang gelap dan beludru dapat muncul di lipatan kulit. Ini disebabkan oleh tingkat insulin yang tinggi dalam darah, yang mendorong reproduksi sel dengan cepat. 

3. Pusing 

Beberapa penderita diabetes mungkin sering merasa pusing tanpa alasan yang jelas. 

4. Disfungsi seksual

Pria dapat mengalami disfungsi ereksi jika memiliki gula darah tinggi yang disebabkan oleh kerusakan saraf dan pembuluh darah. Sementara itu wanita mungkin memiliki libido lebih rendah dari biasanya. 

5. Gatal 

Anda mungkin merasa gatal lebih sering dari biasanya jika Anda menderita diabetes yang tidak terdiagnosis. Gula darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan serabut saraf di tubuh, paling sering di tangan dan kaki. Ini akan terasa seolah-olah Anda memiliki kesemutan yang gigih.

Gejala diabetes yang paling umum termasuk rasa haus yang tak terpadamkan, buang air kecil lebih banyak dari biasanya, dan merasa sangat lelah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ratusan Ternak di Gayamharjo Sleman Mulai Divaksin Antraks

Sleman
| Selasa, 19 Maret 2024, 17:07 WIB

Advertisement

alt

Pemerintah Perpanjang Kenaikan HET Beras Premium untuk Jaga Stok di Pasaran

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement