WFH Ternyata Bisa Menghambat Karier, Ini Alasannya

Ilustrasi work from home - istimewa
13 April 2021 00:37 WIB Janlika Putri Indah Sari Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Ada begitu banyak hal keuntungan ketika bekerja dari rumah. Saat Work From Home (WFH) dapat menghindari perjalanan macet, mengenakan sandal berbulu halus, dan menikmati bermain dengan peliharaan Anda.

Dengan begitu banyak kenyaman bekerja dari rumah, Anda mungkin berharap dapat melakukannya selamanya.

Begitu pula berkembangnya teknologi yang memungkinkan untuk tetap terhubung, berkomunikasi, dan berkolaborasi sesuka hati.

Tapi hati-hatilah terjebak di zona nyama tersebut.

Melansir dari forbes, ada sisi gelap yang diberikan bekerja dari rumah. Dan ada banyak hal yang akan Anda lewatkan, termasuk dapat membatasi atau merusak pertumbuhan karier Anda.

Sebuah studi global oleh Universitas Columbia melihat pengalaman 226.638 orang di Amerika Utara, Eropa dan Asia. Ditemukan insiden depresi dan kecemasan di semua wilayah.

Ini terkait dengan kerusakan hubungan dan jarak yang harus ditanggung ketika WFH. Bekerja adalah tempat di mana dapat terhubung dan menikmati hubungan dengan rekan kerja, jadi sulit sekali jika tidak berada di luar rumah.

Dan ada banyak alasan lain bekerja dari rumah mungkin bukan pilihan terbaik untuk karier atau kebahagiaan atau kepuasan Anda.

1.Kolega

Ketika Anda bertanya orang-orang seperti apa yang dibutuhkan dalam perusahaan. Mereka akan menjawab, yang bekerja dengan perusahaan adalah bagian penting dari persamaan nilai karyawan.

Perusahaan mendapatkan keuntungan dari kecerdasan rekan kerja, serta bumbu dan selera humor dari atasan.

Meskipun Anda masih bisa menjalin hubungan dari jarak jauh, biasanya hubungan itu tidak sedalam atau seluas itu.

Jumlah koneksi Anda kemungkinan akan menyusut juga. Ada orang yang belum pernah Anda lihat karena tidak terlalu mengenal mereka, dan mengirimi mereka via pesan tidak akan benar-benar cocok untuk menjalin hubungan.

Meskipun Anda dapat bertemu dengan orang-orang secara virtual, itu tidak sama dengan berhubungan dengan mereka secara informal. Anda kehilangan kesempatan untuk minum kopi bersama saat istirahat sejenak atau bertemu dengan seseorang di lift yang bekerja dengan Anda.

Hubungan sosial seperti saldo bank. Anda mungkin memiliki saldo yang sehat sebelum pandemi, tetapi kemungkinan harus melakukan penarikan saat pergi dan Anda harus bertatap muka untuk melakukan penyetoran lagi.

2. Pembelajaran dan Stimulasi

Kemungkinannya, Anda mungkin merasa sedikit bosan di rumah. Anda bisa makan, berolahraga, berbelanja dan bekerja di rumah. Tetapi hanya karena bisa, bukan berarti harus melakukannya.

Pergi ke kantor memberi lebih banyak rangsangan dan variasi dalam aktivitas harian. Mulai dari berkendara, berjalan melewati tempat parkir, berinteraksi dengan rekan kerja secara langsung, nakan siang, bertemu di beberapa ruang konferensi dan beristirahat sepanjang hari.

Meskipun ini mungkin tampak sangat biasa, ini memberikan lebih banyak variasi dan stimulasi daripada bekerja dari rumah yang sama di depan layar yang sama setiap hari.

Kesempatan untuk belajar juga signifikan saat berada di sekitar orang lain. Misalnya, Anda tidak sengaja mendengar percakapan tentang masalah rantai pasokan yang sulit dan bagaimana kolega Anda mengatasinya. Kemudian menguping diskusi tentang pelanggan yang sulit dan bagaimana rekan satu tim Anda mengelola emosinya dan merespons secara konstruktif. Atau berbicara dengan karyawan lain tentang kelas yang baru saja dia selesaikan tentang keterampilan baru yang akan dia gunakan saat dipromosikan.

Peluang untuk variasi, inspirasi, dan pembelajaran baru ini sangat penting untuk kesejahteraan dan kesuksesan Anda dalam organisasi.

Mengembangkan pengetahuan dan kesadaran yang diperluas memberi Anda kemampuan untuk merespons, memecahkan masalah, dan bertindak dengan cara yang menghargai nilai perusahaan Anda.

3.Efektivitas

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan dari rumah dan kemungkinan besar bisa tampil mengagumkan. Tapi penting untuk jujur pada diri sendiri tentang pekerjaan yang mungkin tidak ideal dari rumah. Menurut beberapa penelitian, pekerjaan yang lebih kompleks atau membutuhkan kecepatan, pemecahan masalah, atau kolaborasi mungkin tidak seefektif jika tidak bertatap muka dengan rekan kerja.

Saat perusahaan memberikan peluang baru, mereka biasanya mencari orang yang berkinerja sangat baik, dan Anda akan berhadapan dengan rekan kerja yang mungkin juga melakukan pekerjaan hebat. Jadi itu akan menjadi penting untuk karier dan masa depan Anda.

4.Batasan

Manfaat lain bekerja di kantor adalah keluar rumah dan memperkuat batasan kehidupan kerja Anda. Banyak orang mengatakan bekerja dari rumah membuatnya sulit untuk dimatikan. Laptop di meja dapur memberi isyarat untuk bekerja, dan Anda mungkin tidak merasakan pemisahan yang cukup antara pekerjaan dan kehidupan pribadi Anda.

Hal ini dapat menyebabkan perasaan kewalahan atau bahkan kelelahan. Pergi ke kantor tidak menjamin pemisahan antara pekerja dan kehidupan pribadi, tetapi hal itu pasti memperkuatnya dan memberi jarak.

5. Visibilitas

Sebanyak mungkin para pemimpin dan perusahaan berusaha menghindari tidak menganggap kariyawan jika tidak sedang berada di kantor. Sayangnya ketika WFH Anda tidak terlihat. Beberapa pemimpin yang benar-benar ingin membuat anggota tim jarak jauhnya selalu diingat, jadi dia meletakkan catatan tempel di desktopnya dengan semua nama mereka. Itu adalah strategi terbaiknya untuk tidak melupakan mereka.

Tetapi tetap saja manusia cenderung untuk fokus pada apa yang benar di depan mereka. Meskipun mungkin Anda telah mengembangkan disiplin untuk memperhatikan apa yang kurang terlihat, namun tetap dibutuhkan lebih banyak usaha. Visibilitas memiliki arti besar bagi pekerjaan dan pertumbuhan karier Anda. Memang menyedihkan, tetapi benar adanya jika tidak berada di kantor Anda mungkin tidak dipertimbangkan untuk proyek menarik atau peluang baru.

Terlepas dari prevalensi bekerja dari rumah dan penerimaan kariyawan baru yang meningkat untuk bekerja jauh dari kantor. Anggota tim jarak jauh mungkin tidak dianggap berkomitmen seperti rekan mereka di kantor. Atau pemimpin yang membentuk kelompok baru mungkin tidak memikirkan Anda hanya karena Anda tidak ada di layar radar. Meskipun tidak ada yang ideal dan perusahaan mungkin berusaha untuk menghindari situasi ini, kemungkinan besar itu adalah kondisi nyata yang harus Anda pertimbangkan.

6.Tujuan

Salah satu hal yang membuat kita merasa penting adalah melakukan pekerjaan yang bermakna. Dan ketika WFH Anda mungkin merasa tidak terhubung atau tidak penting jika tidak sedang berada di kantor. Ada sesuatu yang kuat saat tampil bersama dengan orang lain di tempat yang sama, dimana untuk melakukan pekerjaan yang baik.

Menangkap desas-desus dan energi yang menyatukan sesama rekan adalah hal yang berharga. Dan merasa seperti penting dalam skema besar suatu tempat, Itu dapat membantu Anda termotivasi setiap pagi.

Anda mungkin bisa merasakan beberapa hal ini saat Anda bekerja dari jarak jauh, tetapi kemungkinan perasaan itu tidak akan terlalu bagus.

WFH akan buat kehilangan pengertian yang lebih luas tentang tujuan dan hubungan dengan hal yang benar-benar penting jika selalu di rumah.

Kesimpulan
Bekerja di kantor tidaklah sempurna, tentunya, tapi bekerja dari rumah juga tidak lebih sempurna. Situasi yang paling ideal mungkin adalah menggabungkan keduanya dan kemampuan untuk memilih sebanyak mungkin seberapa banyak dari masing-masing yang Anda lakukan. Fleksibilitas di tempat kerja akan menjadi keuntungan baru yang luar biasa. Tetaplah seimbang agar Anda tidak terlalu banyak keliru.

Sumber : Bisnis.com