Ini 7 Makanan yang Bikin Bahagia

Ilustrasi - JIBI/bisnis.com
13 April 2021 23:47 WIB Desyinta Nuraini Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Makanan memiliki hubungan langsung dengan suasana hati. Misalnya, pola makan yang buruk bisa merusak mood yang bisa berdampak buruk pada sistem kekebalan tubuh, memperlambat upaya penurunan berat badan, hingga menyebabkan sakit kepala tegang.

Penelitian menunjukkan bahwa fitonutrien yang terdapat pada tumbuhan berperan dalam mengatur suasana hati yang baik. Mungkin itulah sebabnya Anda cenderung merasa nyaman saat mengonsumsi makanan alami.

Menurut Boldsky, Selasa (13/4/2021), berikut makanan yang dapat meningkatkan mood:

1. Pisang

Pisang kaya akan kalium dan magnesium, keduanya bertindak sebagai pemacu suasana hati alami, karena meningkatkan kadar serotonin di otak. Selain itu, pisang kaya akan vitamin A, B6 dan C, dan asam amino triptofan yang meningkatkan mood.

Pisang hijau baik untuk kesehatan usus karena membantu memberi makan bakteri usus yang sehat, yang membantu mencegah gangguan mood.

2. Oat

Sebagai sumber serat yang sangat baik, oat juga penguat suasana hati yang baik. Biji-bijian sarapan utuh ini dapat memberikan serat, kalium, magnesium, protein, dan vitamin. Serat dalam gandum membantu menstabilkan kadar gula darah dan juga tinggi zat besi yang dapat memperbaiki gejala suasana hati pada penderita anemia defisiensi besi.

3. Cokelat Hitam

Cokelat merupakan salah satu makanan yang dapat menyembuhkan suasana hati yang sedang marah atau stres. Cokelat hitam memiliki khasiat untuk meningkatkan hormon suasana hati yang baik dalam tubuh dengan mengurangi hormon pemicu stres.

Penelitian telah menemukan bahwa makan 1,4 ons cokelat hitam memiliki kemampuan yang kuat untuk menurunkan hormon stres kortisol dan katekolamin dalam tubuh, sehingga mengurangi kecemasan.

4. Buah Beri

Makan buah-buahan dan sayuran secara alami memiliki dampak positif pada kesejahteraan secara keseluruhan, dan diet kaya antioksidan dapat membantu mengelola peradangan yang terkait dengan depresi dan gangguan mood lainnya.

Buah beri, apa pun jenisnya, semuanya dikemas dengan berbagai macam antioksidan dan senyawa fenolik yang memainkan peran kunci dalam memerangi stres oksidatif.

Buah beri yang dapat meningkatkan mood itu diantaranya strawberry, goji berry, dan gooseberry

5. Kacang
Kacang mengandung lemak sehat yang akan membuat Anda tersenyum. Mereka dikemas dengan serotonin, zat kimia yang membuat Anda merasa nyaman saat depresi. Kacang kaya akan protein nabati dan lemak sehat serta menyediakan triptofan, asam amino yang bertanggung jawab untuk memproduksi serotonin yang meningkatkan suasana hati.

Kacang kaya akan asam lemak omega-3 dan magnesium. Magnesium sangat penting dalam meningkatkan kesehatan otak secara keseluruhan dan merupakan elemen penting yang mencegah depresi.

Adapun jenis kacang-kacangan yang dapat membantu meningkatkan mood antara lain kacang mete, almond, kenari, dan kacang Brazil.

6. Makanan Fermentasi

Makanan fermentasi dapat membantu meningkatkan kesehatan usus. Proses fermentasi memungkinkan bakteri hidup membuat probiotik di usus yang mendukung pertumbuhan bakteri sehat di usus dan dapat meningkatkan kadar serotonin.

Serotonin secara langsung terkait dengan berbagai perilaku manusia seperti suasana hati, respons stres, nafsu makan, dan dorongan seksual. Studi juga menunjukkan bahwa bakteri usus yang sehat dan tingkat depresi saling terkait.

Beberapa makanan fermentasi yang dapat membantu meningkatkan mood tersebut diantaranya yoghurt, kimchi, kefir, kombucha, dan sauerkraut.

7. Kopi

Kafein dalam kopi mencegah senyawa alami yang disebut adenosin menempel pada reseptor otak yang meningkatkan kelelahan. Di sisi lain kafein tersebut meningkatkan pelepasan neurotransmitter yang meningkatkan suasana hati, seperti dopamin dan norepinefri.

Studi mengaitkan efek perasaan nyaman dari kopi dengan berbagai senyawa fenolik, seperti asam klorogenat. Anda dapat membuat kopi sedikit lebih sehat dengan memilih merek organik, menghindari pemanis buatan, menjadikannya kopi hitam atau tidak menambahkan susu.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia