Ini Bahaya Pakai Masker Lebih dari 6 Jam

Dampak masker dipakai lebih dari 6 jam
14 April 2021 18:27 WIB Janlika Putri Indah Sari Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Sekarang ini sebagian besar masyarakat pasti memiliki masker yang dapat digunakan kembali.

Masker tersebut tidak hanya lebih ramah lingkungan daripada masker bedah, tetapi juga hadir dalam desain unik yang melengkapi gaya pakaian sehari-hari.

Namun, masker yang dipakai berulang kali perlu sering dicuci karena mengandung mikroba dari kulit dan tetesan pernapasan.

Melasir dari herworld.com sebuah penelitian percobaan dengan menguji laboratorium Eurofins menunjukkan bahwa bakteri, ragi dan jamur ditemukan dalam jumlah yang lebih banyak ketika masker telah dipakai untuk waktu yang lebih lama.


Eksperimen tersebut melibatkan masker sekali pakai dan masker yang dapat digunakan kembali. Penelitian tersebut memakai masker selama 6 jam dan 12 jam untuk tujuan perbandingan.

Mereka kemudian diuji untuk jumlah bakteri total, ragi dan jamur, serta Staphylococcus aureus yang umumnya terkait dengan infeksi kulit, dan Pseudomonas aeruginosa yang terkait dengan ruam.

Meskipun strain S. aureus dan P. aeruginosa tidak ada dalam sampel masker yang diuji, namun kadar ragi dan jamur, serta bakteri total lebih tinggi pada masker yang telah dipakai selama 12 jam.

Masker yang dapat digunakan kembali umumnya mengandung lebih banyak mikroba daripada yang sekali pakai.

Ahli mikrobiologi mengatakan kepada The Straits Times bahwa lingkungan mikro yang hangat dan lembab di dalam semua masker cenderung kondusif bagi mikroba untuk berkembang. Tetapi mereka mencatat bahwa tidak semua mikroba berbahaya.

Sumber : Bisnis.com