Advertisement

Ini 6 Cara Mencegah Kantuk Setelah Sahur

Astrid Prihatini
Kamis, 15 April 2021 - 23:37 WIB
Budi Cahyana
Ini 6 Cara Mencegah Kantuk Setelah Sahur Ilustrasi - JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Setelah sahur, kebanyakan orang mudah terserang kantuk dan kembali tidur. Padahal, kebiasaan ini berdampak negatif terhadap kesehatan tubuh.

Namun tentu hal ini tidak mudah melawan kantuk setelah sahur. Menahan untuk tidak tidur setelah makan sahur merupakan langkah yang tepat. Dengan demikian, sistem pencernaan punya waktu lebih lama untuk menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi dengan lebih baik.

Advertisement

Berikut cara mudah mengusir kantuk setelah sahur sebagaimana melansir klikdokter dan berbagai sumber, Rabu (14/4/2021):

1. Tidur lebih awal

Trik pertama usir kantuk setelah sahur adalah tidurlah lebih awal. Pada dasarnya kemungkinan kamu merasa mengantuk karena kebutuhan tidur belum tercukupi. Oleh karena itu untuk menyiasatinya maka usahakan selama Ramadan geser jam tidur jadi lebih awal dari biasa.

2. Alihkan keinginan tidur

Cara berikutnya usir kantuk setelah sahur adalah mengalihkan keinginan tidur dengan melakukan berbagai aktivitas misalnya mencicil pekerjaan kantor atau menonton televisi.

3. Mandi atau wudu air dingin

Air dingin bisa mengurangi rasa malas saat bangun di pagi hari. Jika tak memungkinkan mandi, cukup dengan berwudu dengan air dingin bisa menjadi sinyal bagi tubuh untuk segera beraktivitas.

4. Minum air jahe

Minum air jahe bisa usir kantuk setelah sahur. Biasanya supaya tubuh bisa langsung terasa segar terjaga kita mengonsumsi kafein dari kopi. Namun, saat sahur kopi tidak dianjurkan karena bersifat diuretik bisa membuat tubuh lebih banyak kehilangan cairan.

Untuk mengakalinya ahli nutrisi Rachel Olsen menganjurkan mengonsumsi minuman jahe. Menurut Rachel, minum jahe lebih menguntungkan dibanding teh atau kopi karena salah satunya bisa menjaga pH atau tingkat keasaman lambung.

5. Air putih

Kadang hal sederhana seperti minum air putih saja saat sahur dapat membantu tubuh kita untuk cepat kembali terjaga dan usir kantuk.

Air putih membantu mengalirkan oksigen pada otak sehingga kamu menjadi lebih segar dan tidak menguap-nguap. Seperti dikutip dari The Daily Mind segelas air juga terbukti dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga kamu jadi lebih cepat bangun.

6. Olahraga pagi

Olahraga pagi juga bisa usir kantuk setelah sahur. Cukup dengan jalan kaki saja sudah cukup. Berjalan kaki di pagi hari bisa membuat kamu bersemangat sepanjang hari. Sebab, ketika berjalan kaki, kita mengaktifkan sistem tubuh dengan cepat, denyut nadi meningkat, pernapasan semakin lancar dan tingkat kesadaran semakin meningkat.

Tidur setelah sahur memang sering tidak bisa dihindari. Meski demikian banyak kegiatan lain yang bisa Anda lakukan setelah makan sahur.

Bila tak ingin cepat mengantuk, lakukan berbagai tips yang dipaparkan di atas. Selain itu jangan lupa, pilih menu sahur yang mengandung karbohidrat kompleks, agar Anda bisa menahan lapar lebih lama namun tetap bertenaga.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Bantah Ada Kisruh Internal Soal Penetapan Caleg Terpilih, PDI Perjuangan Sleman: Kami Solid

Sleman
| Selasa, 19 Maret 2024, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Empat Anggota Dewan Diperiksa KPK Terkait Titipan Paket Pekerjaan APBD

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 12:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement