Advertisement

Anak Alergi Susu, Begini Saran Ahli

Janlika Putri Indah Sari
Kamis, 15 April 2021 - 20:37 WIB
Bhekti Suryani
Anak Alergi Susu, Begini Saran Ahli Susu cair. Susu bukanlah satu-satunya protein hewani yang baik untuk tubuh. - Morinaga

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Perkembangan anak dengan baik membutuhkan asupan gizi seimbang. Namun seringkali ada anak yang alergi susu. Padahal susu adalah salah satu protein nabati yang berperan penting untuk tumbuh kembang.

Ketua Pokja Antropometri Kementerian Kesehatan dan Dokter Spesialis Anak Konsultan Nutrisi & Penyakit Metabolik RSCM, Prof. Damayanti R. Syarif mengatakan para orang tua tidak perlu terlalu panik akan masalah tersebut. Alergi susu lumrah terjadi pada anak, namun bukan berarti anak harus kekurangan protein hewani.

Advertisement

"Jika anak alergi susu jangan panik. Masih ada aneka jenis makanan yang mengandung protein hewani yang baik untuk tubuh. Tidak masalah jika mencari pengganti nutrisi yang setara dengan susu," katanya secara virtual pada acara Media Scientific Session and Frisian Flag Primagro Launch, Kamis (15/4/2021).

Damayanti mengatakan susu bukanlah satu-satunya protein hewani yang baik untuk tubuh. Ada alternatif lain yang bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan anak alergi susu. Dan, saat ini telah banyak teknologi yang membuat susu dengan modifikasi khusus anak yang alergi.

Disarankan pula untuk memeriksakan terlebih dahulu keadaan anak apakah alergi tersebut bisa diatasi. Dengan begitu akan dicari alternatif yang tepat.

"Agar anak tidak malnutrisi, periksalah terlebih dahulu apakah benar anak tersebut alergi. Jika benar, jangan paksa anak untuk tetap konsumsi susu. Meskipun penting, susu bukanlah yang terpenting,"tutup Damayanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

576.619 Penumpang Mudik Naik KAI Commuter Wilayah 6 Yogyakarta selama Lebaran 2024

Jogja
| Rabu, 24 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement