7 Makanan Sahur Ini Bikin Tahan Lapar Saat Puasa

Smoothies buah-buahan sangat bagus dikonsumsi saat sahur. Ini menjadi makanan yang tepat saat bulan puasa. - alarabiya
16 April 2021 20:17 WIB Hanafi Nurmahdi Lifestyle Share :

Bisnis.com, JAKARTA - Ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi saat sahur, agar umat Islam tahan lapar yang menjalankan puasa tetap memiliki energi hingga sore hari.

Pemilihan makanan untuk menahan lapar sangat perlu dilakukan saat sahur. Sebab, puasa di tengah aktivitas sehari-hari dapat membuat kita cepat lelah karena kekurangan asupan dari energi yang dikeluarkan.

Makan sahur adalah salah satu solusi agar kita bisa berpuasa dengan tetap menjaga energi yang dikeluarkan. Makan-makanan sahur yang seimbang akan membuat kita bisa bertahan ditengah aktivitas saat berpuasa. Berikut makanan yang harus dikonsumsi saat sahur untuk dapat menjaga energi selama berpuasa:

1. Puding Gandum

Gandum adalah sumber serat yang bagus untuk memperlambat memproduksi energi dalam tubuh. Gandum yang dimasak selama 15 menit lebih banyak mengandung serat daripada variasi olahan gandum lainnya. Dengan ditambah susu serta madu, dapat membuat kenyang dalam waktu yang lama.

2. Selai Kacang dan Pisang

Selai kacang adalah sumber protein yang sangat baik dan juga mengandung lemak tak jenuh tunggal yang bagus untuk kesehatan. Gabungkan dengan potongan roti gandum dan irisan pisang untuk membantu hari-hari kita tetap kenyang.

3. Telur Rebus

Telur memiliki kandungan protein yang tinggi dan juga kandungan vitamin D yang sehat. Meskipun sebagian orang menghindari telur karena kadar kolesterolnya yang tinggi. Tetapi tidak begitu mempengaruhi manfaat lainnya. Tambahkan juga dengan roti panggang dan irisan tomat untuk menambah serat dalam hidangan sahur.

makanan sahur anti lapar tahan lapar saat puasa

4. Semangka dan Keju

Semangka adalah buah yang memiliki kandungan air lebih banyak dari buah lainnya. Sahur dengan buah semangka, dijamin untuk menjaga cairan dalam tubuh terpenuhi. Juga bisa ditambah dengan keju dan tambahan lainnya untuk metabolisme dalam tubuh.

5. Smoothies Buah-buahan

Smoothies dengan buah dapat dinikmati saat sahur dan membantu menjaga agar tetap kenyang. Dengan campuran biji chia kering, yogurt, anggur serta es halus. Kandungan satu porsi smoothies ini kaya akan omega 3, serat, dan protein sekaligus menjaga keseimbangan gula darah.

6. Bubur Quinoa

Quinoa adalah sumber protein dan serat lengkap yang cocok untuk para vegetarian. Masak quinoa dengan santan dan potong beberapa apel dan kayu manis untuk dihidangkan saat sahur.

7. Yogurt Beku Granola dan Beri

Yoghurt beku yang biasa ada di supermarket bisa menjadi alternatif lain jika terlambat sahur. Cukup siapkan beberapa menit dalam mangkuk dan tambahkan makanan lain seperti buah beri dan granola.

Sumber : Bisnis.com