Advertisement

Sering Berhubungan Seks Bikin Vagina Kendur? Ini Faktanya

Newswire
Jum'at, 16 April 2021 - 21:27 WIB
Bhekti Suryani
Sering Berhubungan Seks Bikin Vagina Kendur? Ini Faktanya Ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Banyak mitos yang beredar ihwal dampak terlalu sering berhubungan seksual. 

Ada beberapa mitos dan kesalahpahaman seputar vagina, yang sayangnya, banyak orang mempercayainya! Berapa banyak dari kita yang merasa vagina akan kendur jika terlalu banyak berhubungan seks?

Advertisement

Bahkan, tak sedikit orang yang berpikir bahwa vagina tidak kencang merupakan petunjuk bahwa seorang perempuan sudah tidak perawan! Wah, sebuah kerugian bagi perempuan, kan?

Apapun mitos yang beredar, dilansir melalui Healthshots, ketahuilah bahwa vagina tidak akan kendur meski sering melakukan hubungan seks. Itu karena vagina elastis dan cukup akomodatif.

Para ahli percaya bahwa kata 'longgar' bukanlah cara yang tepat untuk menggambarkan vagina, karena itu terdiri dari berbagai otot yang dapat mengencang dan mengendur berdasarkan kondisi.

Cara Kerja Vagina

Saat Anda terangsang atau benar-benar terangsang, otot dasar panggul Anda mengendur. Jika Anda tidak terangsang lagi, otot tersebut akan mengencang lagi.

Ada alasan tertentu mengapa otot dasar panggul Anda tidak dapat mengencang dan mengendur secara maksimal.

Penyebab pertama adalah persalinan, kemudian disusul dengan menopause, cedera traumatis, dan kanker serviks. Dalam kebanyakan kasus, kekuatan otot vagina dapat ditingkatkan dengan bantuan senam kegel atau terapi fisik otot dasar panggul.

Otot panggul yang melemah juga bisa menyebabkan inkontinensia urin atau feses, dan itu perlu Anda waspadai. Yang terbaik adalah segera berkonsultasi dengan dokter Anda.

Dan bila memang terjadi kelemahan pada otot panggul, Anda tidak perlu khawatir.

Faktanya, semua mitos ini telah diciptakan oleh masyarakat. Dan mitos ini hanya membuat para wanita merasa tidak nyaman dengan seksualitas mereka.

Dan tahukah Anda, memiliki otot vagina yang kencang ternyata tidak selalu baik, lho. Karena kondisi ini bisa membuat hubungan seksual terasa menyakitkan, atau bahkan membuat Anda tidak bisa melakukannya sama sekali.

Jika Anda khawatir dengan otot panggul dan otot vagina yang lemah, cobalah solusi berikut.

Untuk memulainya, Anda perlu mencari tahu yang mana otot panggul Anda. Caranya, saat buang air kecil, hentikan aliran urine dengan menahannya. Jika Anda berhasil, itu artinya Anda telah berhasil mengidentifikasi otot yang tepat.

Selanjutnya, pilih posisi yang Anda paling nyaman untuk berolahraga. Kebanyakan orang merasa lebih nyaman dengan posisi berbaring telentang. Selanjutnya, kencangkan otot dasar panggul Anda dengan menahan kontraksi selama lima detik, dan rileks selama lima detik lagi. Ulangi langkah ini setidaknya lima kali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Bantah Ada Kisruh Internal Soal Penetapan Caleg Terpilih, PDI Perjuangan Sleman: Kami Solid

Sleman
| Selasa, 19 Maret 2024, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Empat Anggota Dewan Diperiksa KPK Terkait Titipan Paket Pekerjaan APBD

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 12:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement