Advertisement

Ilmuwan Identifikasi Gen yang Bisa Melawan Covid-19

Mia Chitra Dinisari
Senin, 19 April 2021 - 10:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ilmuwan Identifikasi Gen yang Bisa Melawan Covid-19 Mutasi virus corona B117 - istimewa

Advertisement

Harianjgja.com, JAKARTA - Baru-baru ini, para ilmuwan di Sanford Burnham Prebys telah mengidentifikasi serangkaian gen manusia yang dianggap bisa melawan infeksi SARS-CoV-2, virus penyebab Covid-19.

Mengetahui gen mana yang membantu mengendalikan infeksi virus dapat sangat membantu pemahaman para peneliti tentang faktor-faktor yang mempengaruhi keparahan penyakit dan juga menyarankan kemungkinan pilihan terapeutik. Gen yang dimaksud terkait dengan interferon, pejuang virus garis depan tubuh.

Advertisement

Studi tersebut dipublikasikan di jurnal Molecular Cell.

"Kami ingin mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang respons seluler terhadap SARS-CoV-2, termasuk apa yang mendorong respons kuat atau lemah terhadap infeksi," kata Sumit K. Chanda, Ph.D., profesor dan direktur Program Imunitas dan Patogenesis di Sanford Burnham Prebys dan penulis utama studi ini dilansir dari Medical Xpress.

"Kami telah memperoleh wawasan baru tentang bagaimana virus mengeksploitasi sel manusia yang diserangnya, tetapi kami masih mencari kelemahannya sehingga kami dapat mengembangkan antivirus yang optimal." tambahnya dikutip dari Bisnis.com--jaringan Harianjogja.com, Senin (19/4/2021). 

Segera setelah dimulainya pandemi, dokter menemukan bahwa respons interferon yang lemah terhadap infeksi SARS-CoV-2 mengakibatkan beberapa kasus Covid-19 yang lebih parah. Pengetahuan ini membuat Chanda dan kolaboratornya mencari gen manusia yang dipicu oleh interferon, yang dikenal sebagai gen yang distimulasi interferon (ISG), yang bertindak untuk membatasi infeksi SARS-CoV-2.

Baca juga: ASN Nekat Mudik, Tambahan Penghasilan Bakal Dipotong

Berdasarkan pengetahuan yang diperoleh dari SARS-CoV-1, virus yang menyebabkan wabah penyakit yang mematikan, tetapi relatif singkat, dari tahun 2002 hingga 2004, dan mengetahui bahwa itu mirip dengan SARS-CoV-2, para peneliti dapat mengembangkan laboratorium. percobaan untuk mengidentifikasi ISG yang mengontrol replikasi virus di COVID-19.

"Kami menemukan bahwa 65 ISG mengendalikan infeksi SARS-CoV-2, termasuk beberapa yang menghambat kemampuan virus untuk memasuki sel, beberapa menekan pembuatan RNA yang merupakan darah kehidupan virus, dan sekelompok gen yang menghambat perakitan virus. ., "kata Chanda. "Yang juga menarik adalah kenyataan bahwa beberapa ISG menunjukkan kendali atas virus yang tidak terkait, seperti flu musiman, West Nile dan HIV, yang menyebabkan AIDS."

"Kami mengidentifikasi delapan ISG yang menghambat replikasi SARS-CoV-1 dan CoV-2 di kompartemen subseluler yang bertanggung jawab atas pengemasan protein, menunjukkan situs yang rentan ini dapat dimanfaatkan untuk membersihkan infeksi virus," kata Laura Martin-Sancho, Ph.D. , rekan senior postdoctoral di lab Chanda dan penulis pertama studi ini. "Ini adalah informasi penting, tetapi kami masih perlu mempelajari lebih lanjut tentang biologi virus dan menyelidiki apakah variabilitas genetik dalam ISG ini berkorelasi dengan tingkat keparahan Covid-19."

Mengumpulkan Varian

Sebagai langkah selanjutnya, para peneliti akan melihat biologi varian SARS-CoV-2 yang terus berkembang dan mengancam keampuhan vaksin. Martin-Sancho mencatat bahwa mereka sudah mulai mengumpulkan varian untuk penyelidikan laboratorium,

"Sangat penting bagi kita untuk tidak melepaskan diri dari upaya penelitian dasar sekarang karena vaksin membantu mengendalikan pandemi," simpul Chanda.

"Kami telah mencapai sejauh ini begitu cepat karena investasi dalam penelitian fundamental di Sanford Burnham Prebys dan di tempat lain, dan upaya berkelanjutan kami akan sangat penting ketika, bukan jika, wabah virus lain terjadi." tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jalan Sleman Rusak Akibat Proyek Tol, Perbaikan Dilimpahkan ke Pengembang

Sleman
| Jum'at, 29 Maret 2024, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement