Advertisement

Dokter Jelaskan Manfaat Vaksin Influenza di Tengah Pandemi Covid-19

Desyinta Nuraini
Sabtu, 24 April 2021 - 05:37 WIB
Nina Atmasari
Dokter Jelaskan Manfaat Vaksin Influenza di Tengah Pandemi Covid-19 Ilustrasi - epochtimes

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Di tengah Pandemi Covid-19, vaksinasi influenza dinilai penting, khususnya pada orang dewasa. Hal ini dilakukan untuk mencegah timbulnya komplikasi, terutama ketika mereka terinfeksi virus corona.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Alergi Immunologi RS Cipto Mangunkusumo Prof Samsuridjal Djauzi menyampaikan pasien koinfeksi atau yang mengalami infeksi simultan dua virus, dalam hal ini influenza dan Covid-19, memiliki angka kematian 2 kali lebih tinggi. Begitu pula dengan risiko efek yang merugikan.

Advertisement

Samsuridjal menyebut pasien koinfeksi influenza dan Covid-19 juga memiliki risiko yang lebih tinggi untuk timbulnya gangguan jantung dan peradangan, serta gangguan organ yang lebih berat.

"Koinfeksi menimbulkan masalah diagnostilk, pengobatan juga menjadi sulit," ujarnya dalam diskusi virtual, Jumat (23/4/2021).

Baca juga: Cermati! 3 Gejala Ini Bisa Menimbulkan Vertigo

Adapun vaksin influenza, menurutnya, bisa diberikan tidak bersamaan dengan vaksin Covid-19. Interval waktunnya minimal 1 bulan setelah vaksin tersebut.

Samsuridjal mengatakan pemerintah tidak mungkin menanggung biaya vaksin influenza untuk seluruh warga Indonesia karena selain menekan biaya yang cukup besar.

Kendati demikian, dia menyarankan bisa diberi skala prioritas. Selain lansia, dia menyarankan agar vaksin influenza diberikan kepada petugas kesehatan. "kalau pemerintah bisa sediakan vaksinnya saja untuk nakes bisa, tapi tidak mudah," sebutnya.

Baca juga: 35.809 Peserta Kartu Prakerja Dicabut, Ada Apa?

Mereka yang perlu diberi vaksin influenza berikutnya adalah tenaga kerja. Namun Samsuridjal menyarankan agar vaksinasi pada tenaga kerja ini dilakukan oleh perusahaan. Berdasarkan studi katanya profit yang didapat jauh lebih besar ketika melakukan vaksinasi kepada karyawannya karena produktivitas yang meningkat.

Di sisi lain, Samsuridjal menerangkan tidak hanya vaksin flu, sangat penting untuk masyarakat agar tidak melupakan pentingnya pemberian vaksin rutin lain untuk dewasa, seperti Hepatitis A, Hepatitis B, Meningitis, Tdap dan PCV.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembangkan Digitalisasi UMKM, Pemkot Libatkan Mahasiswa

Jogja
| Selasa, 16 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Konflik Israel di Gaza, China Serukan Gencatan Senjata

News
| Selasa, 16 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement