Advertisement

Minyak Kelapa Bisa Memutihkan Gigi? Begini Cara Pakainya

Newswire
Senin, 26 April 2021 - 22:07 WIB
Bhekti Suryani
Minyak Kelapa Bisa Memutihkan Gigi? Begini Cara Pakainya Ilustrasi. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Minyak kelapa punya beragam manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, termasuk memutihkan gigi.

Penumpukan plak pada gigi memang menyebabkan warna gigi kita menjadi kuning. Selain tidak baik untuk kesehatan gigi, warna gigi yang menguning juga bisa mengganggu penampilan.

Advertisement

Memang, gigi menguning biasanya disebabkan oleh bakteri yang menempel dan menyebabkan plak yang membuat gigi terlihat kuning. Lantas bagaimana mengembalikan warna putih gigi, terutama secara alami, mudah, dan murah? Berikut ini caranya, sebagaimana dikutip dari laman Health Line.

Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan minyak. Oil pulling adalah pengobatan tradisional India yang dimaksudkan untuk meningkatkan kebersihan mulut dan membuang racun dari tubuh.

Praktik ini dengan cara mengoleskan minyak di sekitar mulut untuk menghilangkan bakteri yang menyebabkan plak dan gigi terlihat kuning. Secara tradisional, orang India menggunakan bunga matahari atau minyak wijen untuk menarik minyak, tetapi minyak apapun bisa digunakan.

Minyak kelapa menjadi pilihan yang populer karena memiliki rasa yang enak dan menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan. Minyak kelapa juga tinggi asam laurat yang dikenal dengan kemampuannya mengurangi peradangan dan membunuh bakteri.

BACA JUGA: Dispensasi Tak Hilangkan Kewajiban Pengusaha Bayar THR

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa oil pulling setiap hari mengurangi bakteri di mulut bersama dengan plak dan radang gusi.

Salah satu yang menyebabkan masalah pada gigi dan mulut adalah streptococcus mutans, yakni salah satu jenis bakteri utama di mulut yang menyebabkan plak dan radang gusi. Satu studi menemukan bahwa berkumur setiap hari dengan minyak kelapa secara signifikan mengurangi Streptococcus mutans dalam air liur hanya dalam satu minggu.

Sayangnya, tidak ada penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa oil pulling memutihkan gigi. Namun, ini adalah praktik yang aman dan patut dicoba. Banyak orang mengklaim gigi mereka lebih putih dan cerah setelah melakukan praktik minyak ini secara teratur.

Caranya, masukkan satu sendok makan minyak kelapa ke dalam mulut, lalu dorong dan tarik minyak tersebut melalui gigi. Minyak kelapa berbentuk padat pada suhu kamar, jadi Anda mungkin perlu menunggu beberapa detik hingga meleleh. Lanjutkan penarik minyak selama 15 hingga 20 menit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Terungkap, Korsleting Freon AC Diduga Jadi Sebab Bus Terbakar di Ring Road Gamping

Sleman
| Kamis, 18 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Gunakan Pengaruh Agar Deeskalasi Terjadi di Timur Tengah

News
| Kamis, 18 April 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement