Pernah Merasakan Nyeri Punggung? Ini 10 Kemungkinan Penyebabnya

Sakit punggung - istimewa
28 April 2021 12:17 WIB Mia Chitra Dinisari Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Anda pernah mengalami nyeri punggung? Nyeri punggung bawah adalah penyakit yang terlalu umum hingga 80% orang mengalaminya seumur hidup. Sakit punggung bisa melemahkan, memengaruhi kemampuan Anda untuk bekerja, berolahraga, atau menikmati waktu bersama teman dan keluarga.

Namun, Anda dapat meredakan nyeri punggung bawah jika Anda memahami penyebabnya. Meskipun sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui akar nyeri Anda, berikut sepuluh penyebab umum nyeri punggung bawah.

1. Ketegangan otot

Ketegangan otot adalah penyebab paling umum dari nyeri punggung bawah. Tanda-tanda sakit punggung Anda mungkin karena ketegangan otot termasuk kekakuan, kejang punggung, nyeri menjalar melalui punggung bawah ke pantat, kesulitan berdiri dengan benar, dan nyeri selama lebih dari sepuluh hari.

Menurut Ai Mukai, MD, seorang dokter kesehatan fisik dan rehabilitasi bersertifikat di Texas Orthopaedics, ketegangan otot dapat terjadi karena:

a. Otot yang meregang berlebihan
b. Menggunakan otot secara berlebihan, seperti mengangkat barang berat
c. Postur tubuh yang buruk
d. Hubungi olahraga
e. Membungkuk atau memutar berulang kali

2. Trauma

Tidak seperti penyebab lain yang berkembang seiring waktu, nyeri punggung akibat trauma terjadi secara tiba-tiba. Menurut Karena Wu, DPT, pemilik ActiveCare Physical Therapy dan Mukai, trauma yang dapat menyebabkan nyeri punggung bawah antara lain:

a. Air terjun
b. Kecelakaan mobil
c. Ulangi cedera olahraga
d. Mengangkat sesuatu yang terlalu berat atau dengan punggung Anda

3. Osteoporosis

Tulang yang lemah dan rapuh - suatu kondisi yang disebut osteoporosis - dapat menyebabkan tulang belakang patah atau roboh, memicu sakit punggung.

4. Osteoartritis

Osteoartritis adalah bentuk radang sendi yang paling umum, mempengaruhi sekitar 32,5 juta orang di AS. Ini terjadi ketika tulang rawan di persendian mulai rusak, termasuk di tulang belakang, yang dapat menyebabkan sakit punggung.

Osteoartritis mungkin bertanggung jawab atas sakit punggung jika Anda mengalami gejala lain seperti kaku, bengkak, dan gerakan tangan, pinggul, atau lutut yang terbatas.

5. Diskus hernia

Disk hernia terjadi ketika bagian tengah cakram tulang belakang yang seperti jeli mendorong keluar melalui selubung luar. Ini dapat menyebabkan rasa sakit tidak hanya di punggung bawah, tetapi juga di pantat, paha, atau betis. Gejala lain termasuk mati rasa di seluruh tubuh dan kelemahan otot.

Disk hernia dapat disebabkan oleh:

a. Keausan biasa karena penuaan
b. Fleksibilitas menurun seiring bertambahnya usia
c. Mengangkat dengan otot punggung, bukan kaki Anda
d. Memutar sambil mengangkat

6. Fibromyalgia

Fibromyalgia, yang mempengaruhi empat juta orang Amerika, adalah suatu kondisi di mana seseorang mengalami nyeri otot setidaknya selama tiga bulan di beberapa bagian tubuh mereka. Para peneliti percaya ini karena sensor rasa sakit yang meningkat di otak. Selain sakit punggung, juga bisa menyebabkan nyeri tumpul pada bokong, bahu, dan kaki.

7. Ankylosing spondylitis

Ankylosing spondylitis adalah kelainan autoimun yang menyebabkan radang tulang belakang di punggung Anda dan mungkin persendian lainnya. Ini memicu rasa sakit yang parah dan kekakuan di punggung dan terkadang area tubuh lainnya, seperti pinggul, tulang rusuk, dan tangan.

8. Stenosis tulang belakang

Stenosis tulang belakang terjadi ketika satu atau lebih ruang di saluran tulang belakang Anda menyempit. Penyempitan ini menyebabkan sumsum tulang belakang dan saraf menjadi teriritasi atau terjepit, menyebabkan nyeri punggung mulai dari kusam hingga terbakar atau linu panggul. Stenosis tulang belakang umumnya disebabkan oleh osteoporosis dan biasanya terjadi di leher atau punggung bawah.

9. Mieloma multipel

Multiple myeloma adalah kanker sel darah pada tulang, yang mempercepat kerusakan tulang, terutama pada tulang belakang. Ini bisa menyebabkan sakit punggung karena patah tulang. Tanda-tanda multiple myeloma juga termasuk kelelahan, peningkatan buang air kecil, dan infeksi berulang.

10. Deformitas tulang belakang

Cacat tulang belakang mencegah tulang belakang berfungsi dengan baik dan dapat menyebabkan nyeri punggung bawah. Jenis kelainan tulang belakang meliputi:

a. Skoliosis, saat tulang belakang melengkung ke samping.
b. Kyphosis, bila punggung atas terlalu membulat.
c. Spondylolisthesis, ketika vertebra bergerak secara berlebihan.
d. Lordosis, ketika tulang belakang bagian bawah melengkung lebih dari biasanya.