Terkilir hingga Stroke Bisa Diobati dengan Akupunktur

Akupuntur. - Bisnis.com
28 April 2021 22:37 WIB Janlika Putri Indah Sari Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Akupuntur sudah menjadi pengobatan tradisional Tiongkok yang popouler selama beberapa tahun terakhir. Pengobatan ini sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Pengobatan tersebut bekerja dengan menstimulasi saraf dalam tubuh untuk membantu menyembuhkan kondisi tertentu.

Hipertensi, nyeri kronis dan osteoporosis dipecaya dapat disembuhkan oleh akupunktur.

Melansir dari express, akupunktur adalah salah satu bentuk pengobatan alternatif dan komponen kunci dari pengobatan tradisional Tiongkok (TCM) di mana jarum tipis dimasukkan ke dalam tubuh.

Akupunktur adalah pseudosains, teori dan praktik TCM tidak didasarkan pada pengetahuan ilmiah, namun, banyak orang bersumpah akan kemanjurannya dan ada beberapa bukti yang dapat mengobati berbagai kondisi penyakit.

Praktisi pengobatan tradisional Tiongkok percaya bahwa tubuh manusia memiliki lebih dari 2.000 titik akupunktur yang dihubungkan oleh jalur atau meridian.

Jalur ini menciptakan aliran energi melalui tubuh yang bertanggung jawab untuk kesehatan secara keseluruhan.

Para praktisi TCM meyakini gangguan aliran energi dapat menyebabkan penyakit. Dengan menerapkan akupunktur ke titik-titik tertentu, diperkirakan dapat meningkatkan aliran Qi, sehingga meningkatkan kesehatan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa akupunktur efektif untuk berbagai kondisi.Akupunktur adalah pendekatan berbasis pengobatan Tiongkok kuno untuk mengobati berbagai kondisi dengan memicu titik-titik tertentu pada kulit dengan jarum. Ini adalah metode invasif minimal untuk merangsang area permukaan kulit yang kaya saraf untuk memengaruhi jaringan, kelenjar, organ, dan berbagai fungsi tubuh.

Kondisi yang dapat diperbaiki dari akupunktur meliputi :

- Alergi
- Kecemasan dan depresi
-Osteoporosis
- Nyeri kronis, seringkali di leher, punggung, lutut, dan kepala
- Hipertensi
- Insomnia
- Kram menstruasi
- Migrain
- Morning sickness
- Terkilir
- Stroke

Titik akupunktur diyakini dapat merangsang sistem saraf pusat, kata situs John Hopkins Medicine. Dan pada gilirannya, akupuntur akan melepaskan bahan kimia ke dalam otot, sumsum tulang belakang, dan otak.

Perubahan biokimia ini dapat merangsang kemampuan penyembuhan alami tubuh dan meningkatkan kesejahteraan fisik dan emosional.

Studi National Institutes of Health (NIH) telah menunjukkan bahwa akupunktur adalah pengobatan yang efektif sendiri atau dikombinasikan dengan terapi konvensional.

Menurut Mayo Clinic, efek samping yang umum terjadi seperti rasa sakit dan pendarahan ringan atau memar di tempat jarum dimasukkan.

“Jarum sekali pakai sekarang menjadi standar praktik, jadi itu risiko infeksi. Tidak semua orang cocok untuk akupunktur. Anda mungkin berisiko mengalami komplikasi Mengalami gangguan perdarahan jiwa miliki riwayat punya penyakit jantung dan sedang hamil, " tutup pihak Mayo Clinic.

Sumber : bisnis.com