Advertisement

Tips Menggunakan Minyak Kelapa untuk Menyehatkan Rambut

Laurensia Felise
Jum'at, 30 April 2021 - 23:17 WIB
Nina Atmasari
Tips Menggunakan Minyak Kelapa untuk Menyehatkan Rambut Minyak kelapa. Selain pada rambut, pemakaian minyak kelapa juga bisa berlaku untuk alis dan bulu mata terutama ketika ingin menumbuhkan keduanya. - Homeremediesforlife

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Minyak kelapa banyak digunakan di beberapa negara seperti di benua Afrika dan Asia. Ada beragam khasiat minyak kelapa untuk tubuh.

Beberapa waktu belakangan, penggunaan minyak kelapa untuk menjaga kesehatan rambut semakin populer karena manfaatnya untuk pertumbuhan dan menutrisi rambut.

Advertisement

Dilansir dari Insider, Jumat (30/4/2021), berikut beberapa kegunaan dari minyak kelapa untuk kesehatan rambut.

  1. Melembapkan rambut dengan meningkatkan hidrasi melalui kandungan asam lauric.
  2. Meningkatkan kekuatan dan ketebalan rambut sehingga mengurangi risiko kerontokan rambut dan di saat yang sama membuat rambut lebih tebal dan penuh.
  3. Menyembuhkan kerusakan rambut melalui kandungan antioksidan sehingga menjadikan rambut lebih tahan terhadap risiko kerusakan.
  4. Mengurangi ketombe dan meningkatkan kesehatan kulit kepala sehingga mengurangi kekeringan dan inflamasi pada bagian tersebut.
  5. Mengurangi rambut kusut dam membuat rambut lebih berkilau.
  6. Membantu mengusir kutu rambut dengan kandungan asam lauric.

Tidak hanya itu, berikut tips untuk memakai minyak kelapa pada rambut:

  1. Minyak kelapa yang akan digunakan pada rambut bisa diaplikasikan langsung atau dicampur dengan minyak zaitun. Jika menggunakan minyak zaitun, disarankan untuk mencampur empat sendok teh minyak dan setengah gelas minyak kelapa.
  2. Pengaplikasian minyak kelapa bisa dilakukan dengan kondisi rambut yang kering atau basah, meski para ahli menyarankan untuk mengaplikasikan pada rambut yang kering.
  3. Pemakaian bando sangat disarankan dalam proses aplikasi minyak kelapa karena minyak kelapa bisa memicu jerawat pada wajah.
  4. Ketika minyak kelapa telah diaplikasikan, disarankan agar meninggalkannya selama 20-30 menit. Akan tetapi, untuk orang yang memiliki kondisi rambut yang sangat kering proses ini bisa memakan waktu mulai dari satu jam hingga semalaman.
  5. Setelah selesai, bilas rambut dengan air seperti ketika mencuci rambut.
  6. Pemakaian ini bisa diulang setidaknya seminggu sekali atau lebih sering tergantung dari seberapa kering kondisi rambut penggunanya.

Selain pada rambut, pemakaian minyak kelapa juga bisa berlaku untuk alis dan bulu mata terutama ketika ingin menumbuhkan keduanya. Akan tetapi, penggunaan minyak kelapa pada dua bagian ini hanya sedikit dan dilakukan sebelum tidur dan ditinggal semalaman serta harus dilakukan dengan hati-hati. Ketika selesai, pembersihan minyak cukup menggunakan pembersih wajah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru KRL Jogja Solo dan KRL Solo Jogja Hari Ini, Jumat 29 Maret 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 02:37 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement