Selain Mulut Kering, Ini Tanda Diabetes Lainnya

Ilustrasi Diabetes - www.telegraph.co.uk
03 Mei 2021 16:07 WIB Lukman Nur Hakim Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Penyakit diabetes masih menjadi momok menakutkan bagi seluruh masyarakat yang ada di dunia. Sebab, penyakit ini menyerang secara diam – diam tanpa adanya gejala yang serius terlebih dahulu.

Namun, ada beberapa cara untuk mengetahui gejala penyakit diabetes ini. Dilansir dari Webmd.com pada Senin (3/5/2021), diabetes ini memiliki 2 tipe dengan gejala yang hampir mirip. Namun, pada diabetes tipe 1, gejala akan terjadi lebih cepat hanya dengan hitungan hari dan biasanya efeknya lebih parah.

Tanda awal diabetes dari kedua tipe tersebut tidak jauh berbeda. Seperti, lapar dan kelelahan, makanan yang Anda makan menjadi glukosa yang digunakan sel Anda untuk membuat energi. Namun, sel tersebut membutuhkan insulin untuk mengambil glukosa.

Jika tubuh Anda tidak membuat cukup insulin, atau jika sel Anda menolak insulin yang dibuat tubuh Anda, glukosa tidak dapat masuk ke dalamnya dan Anda tidak memiliki energi. Ini bisa membuat Anda lebih lapar dan lebih lelah dari biasanya.

Gejala kedua, akan sering merasakan haus dan buang air besar berlebih. Rata-rata orang biasanya buang air kecil antara empat dan tujuh kali dalam 24 jam, tetapi penderita diabetes mungkin buang air lebih banyak. Mengapa? Biasanya, tubuh Anda menyerap kembali glukosa saat melewati ginjal. Tetapi ketika diabetes mendorong gula darah Anda naik, ginjal Anda mungkin tidak dapat membawa semuanya kembali.

Hal ini menyebabkan tubuh mengeluarkan lebih banyak air seni. Hasilnya, Anda lebih sering buang air kecil. Karena Anda sering buang air kecil, Anda bisa menjadi sangat haus. Saat Anda minum lebih banyak, Anda juga akan lebih banyak buang air kecil.

Baca juga: Usai Divaksin, Perlukah Tes Serologi Covid-19?

Gejala ketiga, mulut kering dan kulit gatal. Karena tubuh Anda menggunakan cairan untuk buang air kecil, kelembapan untuk hal-hal lain berkurang. Anda bisa mengalami dehidrasi, dan mulut Anda mungkin terasa kering. Kulit kering bisa membuat Anda gatal.

Dan yang keempat, penglihatan kabur. Perubahan kadar cairan dalam tubuh Anda dapat membuat lensa mata Anda membengkak. Mereka berubah bentuk dan tidak bisa fokus.

Namun ada beberapa gejala khusus yang menjadi pembeda dari Diabetes tipe 1 dan 2, berikut pembedanya :

Diabetes tipe 1

Penurunan berat badan yang tidak direncanakan. Jika tubuh Anda tidak bisa mendapatkan energi dari makanan, ia akan mulai membakar otot dan lemak untuk energi. Anda dapat menurunkan berat badan meskipun Anda tidak mengubah cara makan.

Mual dan muntah. Saat tubuh Anda berusaha membakar lemak, untuk membuat keton. Hal tersebut dapat menumpuk dalam darah Anda ke tingkat yang berbahaya, kondisi yang mungkin mengancam jiwa yang disebut ketoasidosis diabetikum. Keton bisa membuat perut Anda mual.

Diabetes tipe 2

Infeksi jamur. Baik pria maupun wanita dengan diabetes bisa mendapatkan ini. Ragi memakan glukosa, jadi memiliki banyak glukosa membuatnya berkembang. Infeksi dapat tumbuh di lipatan kulit yang hangat dan lembap, termasuk:

  •   Antara jari tangan dan kaki
  •   Di bawah payudara
  •   Di dalam atau di sekitar organ seks

Luka atau luka yang lambat sembuh. Seiring waktu, gula darah tinggi dapat memengaruhi aliran darah Anda dan menyebabkan kerusakan saraf yang membuat tubuh Anda sulit menyembuhkan luka. Nyeri atau mati rasa di kaki atau tungkai Anda. Ini adalah akibat lain dari kerusakan saraf.

Sumber : bisnis.com