Para Penyintas Covid-19, Ini Hal yang Boleh dan Jangan Anda Lakukan

Sejumlah pasien Covid-19 dirawat di dalam bangsal yang penuh sesak di sebuah rumah sakit di New Delhi, India, Sabtu (1/5/2021)./Antara - Reuters/Danish Siddiqui
05 Mei 2021 13:37 WIB Janlika Putri Indah Sari Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Bagi Anda penyintas covid-19, ada beberapa hal yang boleh dan tidak boleh Anda lakukan setelah sembuh dari Covid-19.

Tujuannya, untuk menjaga tubuh Anda tetap sehat dan tidak drop. Pasalnya, diketahui mereka yang sembuh dari covid-19 umumnya masih belum bisa mendapatkan tubuh yang fit dalam beberapa bulan ke depan.

Melansir dari pinkvilla, ini adalah Sarah dari ahli gizi dan pelatih kesehatan Integratif, Neha Ranglani untuk membuat jalan menuju pemulihan jauh lebih mudah.

Lakukan ini setelah sembuh Covid-19:

1. Makan Pelangi

Semakin banyak warna di piring Anda, semakin rendah peradangan dan pemulihan yang lebih cepat untuk membantu bangkit kembali lebih kuat. Pastikan makanan menyertakan makanan sehat dalam semua jenis warna. Ini memastikan bahwa Anda mendapatkan nutrisi menyeluruh tanpa harus mengonsumsi banyak obat.

2. Jangan Anggap Remeh Tidur

Dapatkan 7 jam tidur untuk membantu sel memperbaiki dan mendetoksifikasi. Tidur sangat penting untuk mengatur fungsi tubuh terutama saat Anda baru pulih dari virus. Ini membantu sistem kekebalan untuk melawan virus secara efektif sambil menggunakan lebih sedikit energi. Jika kurang tidur karena virus dan stres, pastikan untuk berlatih latihan pernapasan untuk mendorong tidur.

3. Bernapas

Fokuslah pada pernapasan perut dalam sebanyak mungkin untuk mengurangi stres dan memperkuat paru-paru Anda. Virus telah mengajari betapa pentingnya oksigen bagi tubuh dan pernapasan dalam membantu memperkuatnya.

4. Hidrat

Terus minum air dan cairan kaya elektrolit seperti air kelapa, air lemon, dan jus sayuran untuk membantu menghilangkan racun dan mempercepat pemulihan Anda. Karena tubuh lelah melawan virus, tubuh membutuhkan hidrasi yang konstan dan menyesap minuman akan membantu merasa lebih baik. Karena virus, sebagian besar pasien Covid-19 merasa sulit untuk menelan makanan padat, itulah sebabnya menghirup minuman adalah cara terbaik untuk menjaga tingkat energi tetap tinggi.

Jangan lakukan ini setelah sembuh Covid-19:

1. Jauhkan dari gula rafinasi karena dapat menambah peradangan

Masa-masa sulit dan stres membuat Anda ingin meraih makanan manis. Tetapi meskipun dapat menghibur, itu hanya akan memperburuk kondisi Anda. Mengkonsumsi kurma, gula merah atau gula kelapa sebagai pengganti gula rafinasi bisa menjadi alternatif yang bagus.

2. Hindari makanan yang diproses secara berlebihan

Seperti sereal, biskuit, keripik karena dapat menyebabkan beban racun dalam sistem Anda. Pilihlah makanan alami yang mudah dimakan dan dicerna. Tubuh Anda sudah melawan virus dan perlu mengonsumsi semua energinya di sana alih-alih mencoba mencerna makanan yang diproses secara berlebihan. Anda hanya membutuhkan makanan bergizi yang terdiri dari semua jenis vitamin.

3. Jaga stamina

Tubuh Anda telah melalui banyak hal. Jadi, hindari olahraga berat karena dapat membebani otot dan persendian yang sudah melemah. Alih-alih memilih latihan sedang, mulailah dengan sedikit repetisi dan tingkatkan.

Sumber : bisnis.com