Begini Cara Mengatasi Perut yang Tidak Nyaman karena Kekenyangan

Ilustrasi - JIBI/bisnis.com
05 Mei 2021 22:27 WIB Mia Chitra Dinisari Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Makan berlebihan bisa membuat perut tidak terasa nyaman dan nyeri akibat kekenyangan. Kekenyangan memang bisa membuat perut menjadi begah dan terkadang membuat sebagian orang sulit bernapas.

Jika ini pernah Anda alami, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan jika kondisi ini terjadi lagi.

Berikut tips dari Webmd:

1. Jalan-jalan

Jalan santai akan membantu merangsang pencernaan dan meratakan kadar gula darah Anda. Atau pilih bersepeda santai saja. Tapi jangan berlebihan. Olahraga nyata dapat mengirim darah ke kaki Anda, bukan ke perut, yang dapat memperlambat pencernaan.

2. Minum air

Jangan menenggak per liter sampai Anda merasa mual. Cukup minum secangkir air (sekitar 8 ons) setelah makan besar. Ini dapat membantu tubuh Anda menghilangkan kelebihan garam yang mungkin Anda dapatkan dari makanan Anda. Itu juga dapat mencegah Anda mengalami sembelit. Terus minum air sepanjang sisa hari untuk menjaga diri Anda tetap terhidrasi.

3. Jangan Berbaring

Itu berarti tidak boleh tidur siang (kecuali Anda bisa melakukannya sambil berdiri). Pertama, Anda kehilangan kesempatan untuk membakar sebagian dari kalori yang baru saja Anda makan, misalnya mencuci piring atau berjalan-jalan. Selain itu, saat Anda berbaring dengan perut kenyang, makanan bisa kembali naik. Ini dapat memperlambat pencernaan dan memperburuk refluks asam (GERD). Sofa harus menunggu sampai makanan Anda memiliki waktu untuk diatur.

4. Lewati Bubbles

Jika Anda sudah berlebihan, minuman berkarbonasi mungkin bukan ide yang bagus. Saat Anda meminumnya, Anda menelan gas yang dapat mengisi sistem pencernaan Anda. Ini akan membuat Anda merasa semakin kembung. Anda bersendawa sebagian darinya, dan sisanya bergerak melalui sistem pencernaan Anda sampai Anda mengeluarkannya sebagai gas.

5. Olahraga

Setelah beberapa waktu berlalu, hasilkan keringat yang nyata: Berlari, angkat beban, bermain bola basket. Yang terbaik adalah menunggu setidaknya 3 sampai 4 jam setelah makan besar. Ini akan membakar sebagian dari kalori ekstra itu. Ini juga dapat membantu meningkatkan metabolisme Anda dan mencegah sembelit. Dan olahraga teratur tampaknya membantu mengontrol suasana hati dan rasa lapar sehingga Anda cenderung tidak makan berlebihan di masa mendatang.

6. Makan dengan Perlahan

Diperlukan waktu sekitar 20 menit untuk perut Anda memberi tahu otak Anda bahwa sudah penuh. Jika Anda sudah makan terlalu banyak dalam 10 menit pertama, Anda belum memberi kesempatan pada otak Anda untuk mengetahuinya. Setengah jam kemudian, Anda pasti akan merasa tidak nyaman karena terlalu banyak makanan. Perlambat dan Anda mungkin menemukan bahwa Anda tidak hanya makan lebih sedikit kalori, tetapi Anda juga merasa lebih kenyang.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia