5 Ide Kegiatan Saat Libur Lebaran di Rumah Aja

Anak-anak. Untuk membuat kegiatan berkemah menjadi lebih seru, orang tua bisa melibatkan anak dalam menentukan lokasi. - Unicef
08 Mei 2021 09:37 WIB Fatkhul Maskur Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Momentum Lebaran tahun ini berbeda, karena Pemerintah melarang aktivitas mudik. Namun, ada beberapa cara agar tetap bisa merayakan libur Lebaran yang menyenangkan bersama keluarga meski hanya di rumah.

Menurut Psikolog anak dan keluarga Irma Gustiana, Lebaran jadi waktu yang tepat untuk mempererat tali silaturahmi. "Penting sekali memanfaatkan setiap momen bersama anak sebagai momen keemasan mendekatkan hubungan keluarga,” ujarnya pada keterangan resmi dari Lazada yang diterima Bisnis, Kamis (6/5/2021).

Agar suasana kebersamaan di rumah semakin hangat dan berkesan, berikut berbagai ide kegiatan yang bisa dilakukan :

1. Berkemah di rumah

Siapa sangka kegiatan yang identik dengan kegiatan rekreasi di alam bebas ternyata dapat dilakukan di rumah. Meskipun ada perbedaan dengan di alam terbuka, berkemah di rumah dapat dijadikan alternatif solusi untuk mengisi waktu libur Lebaran. Aktivitas ini dapat melatih kemandirian anak, mempererat bonding antara anak dan orang tua, mengembangkan kemampuan untuk berkreasi dan mengasah keluwesan koordinasi motorik visual anak.

Untuk membuat kegiatan berkemah menjadi lebih seru, orang tua bisa melibatkan anak dalam menentukan lokasi. Anda bisa pilih di pekarangan rumah atau di ruang tamu. Ajak juga si kecil untuk menyusun agenda serta menyiapkan peralatan seperti tenda, buku cerita, dan berbagai camilan.

2. Karaoke di rumah

Kegiatan yang satu ini sangat digemari banyak orang dari berbagai kalangan, oleh karena itu, karaoke dapat dijadikan alternatif pilihan untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga selama Lebaran.

Karaoke juga bermanfaat untuk mengembangkan bakat dan minat anak terkait dengan bidang seni musik dan olah vokal, mengembangkan keterampilan berkomunikasi dan bahasa, mengasah koordinasi motorik jika dilakukan dengan gerakan dan merekatkan hubungan orangtua serta anak sehingga lebih hangat.

3. Membuat Vlog atau Film Pendek

Salah satu aktivitas menarik yang dapat dilakukan bersama keluarga di rumah adalah membuat vlog atau film pendek. Ada yang berperan sebagai kameramen, ada yang menjadi pemeran utama sampai dengan mengurus properti. Momentum yang paling menyenangkan adalah ketika film telah selesai diproduksi, satu keluarga berkumpul di ruang televisi untuk menyaksikan hasil film yang telah mereka produksi bersama. Kegiatan tersebut sangat menyenangkan untuk dilakukan dan tentunya menambah kekompakan keluarga .

4. Board Game

Bermain board game seperti monopoli, scrabble dan jenga juga dapat dijadikan pilihan untuk mengisi waktu bersama keluarga. Selain dapat dijadikan sebagai media belajar yang menyenangkan, bermain board game juga bermanfaat untuk mengasah fokus serta strategi si kecil sejak dini. Selain itu, dengan melibatkan anak untuk bermain board game, orang tua dapat menumbuhkan jiwa berkompetisi secara sehat.

Menumbuhkan jiwa kompetisi pada anak menjadi suatu hal yang penting, karena anak akan belajar bagaimana bekerja keras, sportif, belajar ketangkasan, megembangkan rasa percaya diri dan inovatif sehingga anak akan tumbuh berkembang dengan optimal dari aspek kognitif, sosial dan emosional.

5. Movie Time

Kangen nonton bioskop tapi khawatir dengan kesehatan keluarga? Jangan khawatir, Anda tetap bisa membuat pengalaman nonton bareng keluarga kamu jadi sama serunya dengan nonton bioskop. Pilihlah film keluarga favorit, lalu set up proyektor dan sound system. Untuk menambah keseruan, bisa siapkan semangkuk popcorn untuk jadi camilan. Aktivitas ini akan membuat liburan Lebaran bersama keluarga lebih menyenangkan.

Movie time juga bermanfaat bagi anak dan keluarga, karena selain mendekatkan seluruh anggota keluarga, anak juga bisa mengembangkan wawasan berpikir dan kemampuan analisisnya serta sebagai sarana relaksasi dari tekanan atau stres. Pada intinya, semua jenis permainan dan kegiatan adalah sarana eksplorasi, yang paling utama tentunya adalah interaksi antara orangtua dan anak saat beraktivitas bersama.

Sumber : Bisnis.com