5 Manfaat Pala untuk Tubuh, Salah Satunya Bikin Tidur Lebih Nyenyak

Ilustrasi bumbu rempah. - Suara
12 Mei 2021 07:57 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Indonesia kaya akan produk rempah-rempah. Salah satunya adalah pala. Bumbu makanan berbentuk bulat kecil ini memiliki rasa dan aroma cukup kuat. Menambahkan pala ke dalam masakan bisa memberikan manfaat kesehatan yang lebih.

Namun, banyak orang yang belum paham mengenai manfaat kesehatan dari pala. Beberapa orang justru beranggapan menambahkan pala ke dalam masakan bisa membuat ngantuk.

Berikut ini dilansir dari Times of India, 5 alasan Anda harus menambahkan pala ke dalam masakan mulai sekarang.

1. Mengatasi pencernaan

Pala adalah bumbu masakan yang bisa membantu mengatasi masalah pencernaan, seperti perut kembung, sembelit, diare dan banyak lagi. Cara terbaik mengonsumsi pala untuk mengatasi masalah pencernaan adalah tambahkan ke dalam sup.

Pala mengandung minyak esensial yang bisa memicu pelepasan cairan pencernaan. Pala juga memperbaiki kerusakan kecil yang terjadi pada organ akibat paparan racun.

2. Mengontrol kolesterol

Konsumsi pala secara teratur berkaitan dengan penurunan kadar lipoprotein dan lipid dalam darah. Unsur-unsur ini dikenal bisa mengikat kolesterol dan menyumbat arteri serta pembuluh darah.

Tapi, menambahkan pala ke dalam makanan bisa mengurangi peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh. Cobalah untuk mengonsumsinya dalam makanan sehari-hari, tapi jangan ketika makanan penutup.

3. Memperbaiki siklus tidur

Jika pola tidur Anda cukup berantakan. Pala bisa membantu mengatasinya. Karena, pala memang memiliki kualitas untuk merangsang tidur dan membuat Anda tidur lebih nyenyak. Jadi, coba tambahkan pala dalam setiap masakanmu.

4. Kaya nutrisi

Pala kaya akan nutrisi, seperti kalsium, zat besi, kalium, Mangan dan lainnya yang bisa mendukung fungsi tubuh tetap sehat. Pala juga membantu mengatur aliran darah yang tepat ke seluruh tubuh serta membersihkan racun di tubuh.

5. Anti inflamasi

Pala kaya akan sifat anti inflamasi yang bisa melindungi tubuh dari peradangan dan rasa sakit. Pala bisa menjadi penghilang rasa sakit untuk mengatasi persendian dan otot. Bahkan mengoleskan minyak pala ke area yang sakit juga bisa membantu meredakan nyeri.

Meski begitu, pala juga bisa menimbulkan sejumlah efek samping. Usahakan Anda tidak mengonsumsinya lebih dari 1/2 sendok teh dalam sehari dan jangan mengonsumsinya sendiri.

Konsumsi pala lebih dari jumlah yang disarankan bisa menyebabkan keracunan. Bahkan, pala bisa menyebabkan kegagalan organ.

Sumber : Suara.com