Kalori 3 Nastar Ternyata Setara Sepiring Nasi

Kue nastar kukus. - Instagram @ibueok.haura
13 Mei 2021 17:27 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Harianjogja.com, SOLO – Nastar adalah kue kering yang menjadi primadona saat Lebaran tiba. Di balik rasa nastar yang sedap, kalori di dalamnya ternyata cukup besar.

Ahli Gizi dokter Tirta Prawita Sari menyebut mengonsumsi tiga nastar sama dengan sepiring nasi.

“Nastar ada bermacam-macam, tergantung bahan yang dipakai, tapi tiga nastar itu kurang lebih 120 sampai 140 kalori. Punya kalori yang sama dengan sepiring nasi,” ujar Tirta saat dihubungi Antara di Jakarta, Selasa (28/5/2019).

Tirta menjelaskan, kandungan gizi kue kering yang dibuat dari tepung, gula, telur dan mentega berupa karbohidrat dengan sedikit protein dan lemak.

Zat gizi lainnya seperti vitamin dan mineral, menurut dia, tidak terlalu banyak ditemukan pada kue kering.

“Problem kue kering terbuat dari gula dan tepung, kebanyakan tepung putih yang sudah tidak ada serat. Jadi, kue kering itu makanan kecil, tapi bicara zat gizi banyak kalori,” kata Tirta.

Selain kalori tinggi, terlalu banyak mengonsumsi kue kering seperti nastar juga dapat memicu naiknya kadar kolesterol dalam darah.

Sebab, kue kering dibuat dengan banyak mentega dan margarin yang tinggi lemak.

Tirta menyarankan untuk memperlakukan kue kering sebagai makanan pendamping, layaknya permen.

“Kalau bisa dihindari lebih baik dihindari. Kalau memang mau makan disesuaikan dengan kalori lainnya yang telah dikonsumsi,” kata Tirta.

Pakar gizi kenamaan Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, mengatakan sejatinya, kandungan kalori pada kue Lebaran seperti nastar tergantung dengan penggunaan bahan-bahannya.

Semakin banyak penggunaan mentega, kuning telur, gula, dan tepung semakin besar pula kalori yang dihasilkan. Dikatakan Rita, satu toples nastar isi 40 buah mengandung total 7.847 kilokalori (Kkal).

“Jika resepnya seperti itu makan 1 buahnya saja sudah mengandung 196 kkal, sedangkan nasi putih 100 gram saja kalorinya 175 kkal,” ujar Rita.

Sebagai perbandingan, sebutir kue putri salju dengan berat sekitar enam gram mengandung kalori sekitar 22,5 kalori, sementara kue lidah kucing dengan berat 4 gram memiliki kandungan sekitar 18 kalori.

Kue kering lain yang menjadi favorit saat Lebaran adalah kastengels atau kue keju. Dalam satu kastengels dengan berat 5 gram memiliki kandungan 20,3 kalori.

Penganan khas Lebaran yang renyah lainnya seperti rengginang memiliki kandungan kalori lebih sedikit yaitu 12 kalori.

 

Sumber : Bisnis Indonesia