Advertisement

Benarkah Covid-19 Bisa Bikin Pria Impoten?

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 16 Mei 2021 - 23:37 WIB
Bhekti Suryani
Benarkah Covid-19 Bisa Bikin Pria Impoten? Virus Corona mengalami mutasi beberapa kali. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Penelitian baru menunjukkan jika infeksi virus Corona bisa merusak pembuluh darah, dan membuat pria menjadi impoten.

Para peneliti melakukan penelitian dengan mikroskop elektron dan menemukan bahwa partikel virus corona dalam sampel jaringan penis yang diambil dari dua mantan pasien COVID-19 yang menjadi impoten setelah infeksi. Pasien itu terinfeksi enam dan delapan bulan sebelumnya.

Advertisement

Studi lebih lanjut mengungkapkan bukti kerusakan pembuluh darah di penis pasien COVID-19, dibandingkan dengan dua pria lain dengan disfungsi ereksi yang tidak pernah terinfeksi, para peneliti melaporkan 7 Mei di World Journal of Men's Health.

BACA JUGA: Bermula dari Musala, Sudah 124 Warga Terinfeksi Covid-19 di Klaster Sangon Kulonprogo

"Kami menemukan bahwa virus memengaruhi pembuluh darah yang mensuplai penis, menyebabkan disfungsi ereksi," kata peneliti senior Dr. Ranjith Ramasamy, direktur program urologi reproduktif di Miller School of Medicine University of Miami dilansir dari Webmd.

"Pembuluh darah itu sendiri tidak berfungsi dan tidak mampu memberikan cukup darah untuk masuk ke penis untuk ereksi." tambahnya.

Ramasamy membandingkannya dengan kerusakan organ di paru-paru, ginjal, dan otak yang ditemukan pada pasien COVID-19.

"Kami pikir penis juga bisa terpengaruh dengan cara yang sama," Kami tidak berpikir ini adalah efek sementara. Kami pikir ini bisa permanen." kata Ramasamy. 

Laporan baru berfokus pada dua pasien COVID-19 yang pulih yang menjalani operasi prostesis penis karena disfungsi ereksi mereka. Kedua pria tersebut memiliki fungsi ereksi yang normal sebelum infeksi mereka.

Salah satu pria telah sakit parah dengan COVID-19 dan menghabiskan dua minggu di rumah sakit sebelum dia pulih, tetapi sebaliknya bebas dari masalah kesehatan kronis.

Pria lain memiliki kasus COVID-19 yang relatif ringan, tetapi menderita penyumbatan arteri dan tekanan darah tinggi sebelum terinfeksi.

Kedua pria tersebut masih memiliki partikel COVID-19 di jaringan penis mereka, serta bukti disfungsi endotel suatu kondisi di mana lapisan pembuluh darah kecil tidak berfungsi dengan baik dan gagal memberikan suplai darah yang cukup ke berbagai bagian tubuh.

Sebagai perbandingan, dua pria bebas COVID yang juga menjalani operasi untuk disfungsi ereksi tidak memiliki bukti kerusakan pembuluh darah kecil yang sama di penis mereka.

"Saya pikir ini mungkin bukan sesuatu yang sedang dibicarakan laki-laki saat ini dengan semua hal yang sedang terjadi," kata Ramasamy.

"Saya cukup yakin dalam enam bulan hingga satu tahun ke depan kita mungkin akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang prevalensi sebenarnya dari disfungsi ereksi di antara pria positif COVID."

Masuk akal bahwa COVID-19 dapat memengaruhi pria dengan cara ini, mengingat kemampuan virus untuk menyebabkan peradangan dan merusak pembuluh darah, kata Dr. Ash Tewari, ketua urologi di Icahn School of Medicine di Mount Sinai, di New York City.

Namun, Tewari mengingatkan bahwa pria tidak boleh panik sampai penelitian lebih lanjut dilakukan.

"Satu atau dua pasien tidak membuat fakta, tapi ini perlu diselidiki dari sudut pandang kami," kata Tewari.

"COVID adalah disfungsi endotel. Arteri kecil di jantung dapat terkena dampak yang sama seperti pembuluh darah penis dapat terpengaruh." tambahnya.

Ramasamy mendesak mantan pasien COVID-19 yang sekarang menderita disfungsi ereksi untuk mencari pertolongan medis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement