Mengenal Saffron, Rempah Termahal dengan Manfaat Luar Bisa Bagi Kesehatan

Tanaman bunga saffron. - thecounter.org
17 Mei 2021 20:47 WIB Janlika Putri Indah Sari Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA— Saffron menjadi rempah termahal di dunia karena khasiatnya yang luar biasa untuk kesehatan dan kulit.

Saffron adalah nama putik bunga yang tumbuh di tempat-tempat yang beriklim panas dan kering seperti Iran, Yunani, Maroko, dan Kashmir.

Bunga saffron hanya mekar setahun sekali selama beberapa pekan dari akhir Oktober hingga awal November, sehingga produsen harus fokus memanen dengan cepat.

Setiap bunga saffron hanya memiliki empat kuntum. Pada tiap kuntum bunga memiliki tiga putik, sehingga dibutuhkan 11.000 hingga 17.000 kuntum saffron untuk menghasilkan 1 kg produk akhir.

Produksi terbatas, pilih-pilih dalam penanaman dan panen, namun permintaan selalu melebihi pasokan. Hal itulah yang mendorong harganya setinggi hampir US$ 10.000 per kilogram. Maka tak heran menjadikannya salah satu bahan termahal di dunia.

Melansir dari lofficielusa, Senin (17/5/2021), berikut kegunaan ajaib yang diberikan saffron untuk kesehatan kulit :

1. Antioksidan tinggi

Saffron mengandung banyak vitamin A dengan efek mengurangi laju penuaan, melindungi kulit dari efek berbahaya sinar ultraviolet dan radikal bebas, serta membantu meningkatkan elastisitas dan kelembutan kulit.

2. Pencerah kulit

Selain vitamin A, saffron juga mengandung vitamin C tingkat tinggi. Mereka membantu meningkatkan pembentukan kolagen dan menghilangkan tanda-tanda seperti bintik hitam, pigmentasi, dan bintik-bintik.

3. Memulihkan kulit

Putik kunyit kaya akan mineral dan mengandung dua karotenoid yang kuat seperti crocin dan crocetin. Karotenoid tersebut diyakini efektif dalam memperbaiki kerusakan dan memastikan kesehatan sel secara keseluruhan. Dengan demikian, mereka akan membantu kulit pulih dari kerusakan lingkungan sehari-hari, oksidasi, sinar matahari, dan menyembuhkan segala sesuatu dari memengaruhi elastisitas kulit.

Menyembuhkan luka, goresan, dan luka lainnya. Penelitian menunjukkan putik saffron memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi sel, membantu menyembuhkan luka lebih cepat.

4. Pigmentasi Kulit Berkurang

Saffron tidak hanya mencerahkan warna kulit tetapi juga meningkatkan dan mengurangi hiperpigmentasi berkat kandungan vitamin yang kaya.

5. Meredakan Peradangan

Kekuatan penyembuhan rempah ini dapat membantu meredakan kemerahan, peradangan, dan bahkan jerawat. Itu karena saffron mengandung vitamin seperti B1, B2, B3, B6, dan B9. Vitamin B membantu kulit menghilangkan racun, sehingga membatasi kerusakan bahkan pada kulit yang paling sensitif. Dengan kata lain, saffron adalah obat holistik, baik secara internal maupun eksternal.

Sumber : Bisnis.com