Siklus Menstruasi Tidak Teratur? Begini Cara Mengatasinya

Menstruasi - boldsky.com
18 Mei 2021 21:37 WIB Mia Chitra Dinisari Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Siklus menstruasi dihitung dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi berikutnya. Siklus menstruasi rata-rata adalah 28 hari, tetapi ini dapat bervariasi dari wanita ke wanita, dan bulan ke bulan.

Haid Anda masih dianggap teratur jika datang setiap 24 hingga 38 hari. Menstruasi Anda dianggap tidak teratur jika waktu antar periode terus berubah dan menstruasi Anda datang lebih awal atau lebih lambat.

Menstruasi tidak teratur bisa menjadi tanda mungkin Anda sedang stres, tapi juga bisa jadi gejala penyakit serius. Tetapi ada solusi yang dapat Anda coba di rumah untuk mengembalikan siklus Anda ke jalur yang benar seperti berikut ini dilansir dari Healthline :

1. Berlatih yoga

Yoga telah terbukti menjadi pengobatan yang efektif untuk berbagai masalah menstruasi. Sebuah studi 2013 dengan 126 peserta menemukan bahwa 35 hingga 40 menit yoga, 5 hari seminggu selama 6 bulan menurunkan kadar hormon yang terkait dengan menstruasi tidak teratur.

Yoga juga telah terbukti mengurangi nyeri haid dan gejala emosional yang terkait dengan menstruasi, seperti depresi dan kecemasan, serta meningkatkan kualitas hidup wanita dengan dismenore primer. Wanita dengan dismenore primer mengalami rasa sakit yang luar biasa sebelum dan selama periode menstruasi mereka.

2. Menjaga berat badan yang sehat

Perubahan berat badan Anda dapat memengaruhi menstruasi Anda. Jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas, menurunkan berat badan dapat membantu mengatur menstruasi Anda.

Selain itu, penurunan berat badan yang ekstrim atau kekurangan berat badan dapat menyebabkan haid tidak teratur. Itulah mengapa penting untuk menjaga berat badan yang sehat.

Wanita yang kelebihan berat badan juga lebih mungkin mengalami menstruasi yang tidak teratur, dan mengalami pendarahan dan rasa sakit yang lebih berat daripada wanita dengan berat badan yang sehat. Ini karena dampak sel lemak terhadap hormon dan insulin.

Jika Anda menduga berat badan Anda dapat memengaruhi periode menstruasi Anda, bicarakan dengan dokter Anda. Mereka dapat membantu Anda mengidentifikasi target berat badan yang sehat, dan menghasilkan strategi penurunan atau penambahan berat badan.

3. Olah raga secara teratur

Olahraga memiliki banyak manfaat kesehatan yang dapat membantu menstruasi Anda. Ini dapat membantu Anda mencapai atau mempertahankan berat badan yang sehat dan biasanya direkomendasikan sebagai bagian dari rencana perawatan untuk sindrom ovarium polikistik (PCOS). PCOS dapat menyebabkan ketidakteraturan menstruasi.

Hasil dari uji klinis baru-baru ini menunjukkan bahwa olahraga secara efektif dapat mengobati dismenore primer. Tujuh puluh mahasiswa dengan dismenore primer berpartisipasi dalam percobaan tersebut. Kelompok intervensi melakukan latihan aerobik selama 30 menit, 3 kali seminggu, selama 8 minggu. Di akhir percobaan, wanita yang melakukan latihan melaporkan rasa sakit yang lebih sedikit terkait dengan periode menstruasi mereka .

Diperlukan lebih banyak penelitian untuk memahami bagaimana olahraga memengaruhi menstruasi, dan apa efek langsungnya, jika ada, dalam mengatur menstruasi Anda.

4. Konsumsi jahe

Jahe digunakan sebagai pengobatan rumahan untuk mengobati menstruasi yang tidak teratur, tetapi tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa jahe berhasil. Jahe memang memiliki manfaat lain terkait menstruasi.

Hasil dari satu penelitian terhadap 92 wanita dengan perdarahan menstruasi yang berat menunjukkan bahwa suplemen jahe setiap hari dapat membantu mengurangi jumlah darah yang hilang selama menstruasi. Ini adalah studi kecil yang hanya mengamati gadis-gadis usia sekolah menengah, jadi diperlukan lebih banyak penelitian.

Mengkonsumsi 750 hingga 2.000 mg bubuk jahe selama 3 atau 4 hari pertama periode Anda telah terbukti menjadi pengobatan yang efektif untuk periode yang menyakitkan.

Studi lain menemukan mengonsumsi jahe selama tujuh hari sebelum periode meredakan suasana hati, fisik, dan gejala perilaku premenstrual syndrome (PMS).

5. Kayu manis

Kayu manis tampaknya bermanfaat untuk berbagai masalah menstruasi.

Sebuah studi tahun 2014 menemukan itu membantu mengatur siklus menstruasi dan merupakan pilihan pengobatan yang efektif untuk wanita dengan PCOS, meskipun studi tersebut dibatasi oleh sejumlah kecil peserta.

Ini juga telah terbukti secara signifikan mengurangi nyeri haid dan perdarahan, dan meredakan mual dan muntah yang terkait dengan dismenore primer.

6. Perhatikan dosis vitamin harian Anda

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2015 mengaitkan rendahnya tingkat vitamin D dengan menstruasi yang tidak teratur dan menyarankan bahwa mengonsumsi vitamin D dapat membantu mengatur menstruasi.

Studi lain juga menemukan itu efektif dalam mengobati ketidakteraturan menstruasi pada wanita dengan PCOS.

Vitamin D juga memiliki manfaat kesehatan lainnya, termasuk menurunkan risiko penyakit tertentu, membantu menurunkan berat badan, dan mengurangi depresi

Vitamin D sering ditambahkan ke beberapa makanan, termasuk susu dan produk susu lainnya, serta sereal. Anda juga bisa mendapatkan vitamin D dari paparan sinar matahari atau melalui suplementasi

Vitamin B sering diresepkan untuk wanita yang mencoba hamil, dan mereka dapat membantu mengatur menstruasi Anda, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi klaim ini.

Vitamin B juga dapat menurunkan risiko gejala pramenstruasi. Sebuah studi tahun 2011 menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi makanan sumber vitamin B memiliki risiko PMS yang lebih rendah secara signifikan.

Studi lain dari tahun 2016 menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi 40 mg vitamin B-6 dan 500 mg kalsium setiap hari mengalami penurunan gejala PMS.

Saat menggunakan suplemen, ikuti petunjuk pada kemasannya, dan hanya beli suplemen dari sumber yang memiliki reputasi baik.

7. Minum cuka sari apel setiap hari

Hasil penelitian yang diterbitkan pada tahun 2013 menunjukkan bahwa minum 0,53 oz (15 ml) cuka sari apel setiap hari dapat memulihkan menstruasi ovulasi pada wanita penderita PCOS. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk memvalidasi hasil ini, karena penelitian khusus ini hanya melibatkan tujuh peserta.

Cuka sari apel juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan, dan menurunkan kadar gula darah dan insulin

Sari apel memiliki rasa yang pahit, yang mungkin sulit dikonsumsi sebagian orang. Jika Anda ingin mencoba mengkonsumsinya tetapi kesulitan dengan rasanya, Anda dapat mencoba mengencerkannya dengan air dan menambahkan satu sendok makan madu.

8. Makan nanas

Nanas adalah obat rumahan yang populer untuk masalah menstruasi. Ini mengandung bromelain, enzim yang diklaim dapat melembutkan lapisan rahim dan mengatur menstruasi Anda, meskipun ini belum terbukti.

Bromelain mungkin memiliki sifat anti-inflamasi dan pereda nyeri, meskipun tidak ada bukti nyata yang mendukung keefektifannya untuk mengurangi kram menstruasi dan sakit kepala.

Makan nanas dapat membantu Anda mendapatkan porsi buah harian yang direkomendasikan. Satu cangkir (80 gram) nanas dapat dihitung sebagai satu porsi buah. Rekomendasi umum adalah makan minimal 5, 1 cangkir (80 gram) porsi buah sehari..

Sumber : Bisnis.com