Advertisement

Hasil Penelitian: Tidak Punya Teman Bukan Hal Buruk

Newswire
Rabu, 19 Mei 2021 - 23:07 WIB
Bhekti Suryani
Hasil Penelitian: Tidak Punya Teman Bukan Hal Buruk Ilustrasi - techcrunch.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Tak semua orang yang hidup di masyarakat punya banyak teman. Meski banyak yang percaya bahwa punya banyak teman merupakan hal baik. Namun bagaimana jika tidak punya teman?

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa tidak aktif secara sosial juga bukan sesuatu yang seharusnya dikhawatirkan.

Advertisement

Beberapa orang yang sulit aktif secara sosial dan lebih banyak menghabiskan waktu sendiri tak perlu merasa iri atau khawatir. Hal ini justru memberikan lebih banyak manfaat daripada yang kita pahami selama ini.

Sebuah penelitian telah mencari tahu bahwa tidak punya teman justru lebih baik daripada memiliki teman yang toxic atau tidak baik. Berikut ini dilansir dari Bright Side, empat manfaat tidak punya teman secara sains.

1. Meningkatkan kreativitas

Interaksi sosial secara terus-menerus dengan orang lain bisa mengalihkan pikiran Anda dan menghalangi upaya Anda bertukar pikiran tentang ide-ide baru. Di sisi lain, menghabiskan waktu sendiri bisa membantu Anda mengembangkan kreativitas dan meningkatkan imajinasi. Kondisi ini akan membantu Anda menghilangkan kebisingan latar belakang dan membuat Anda lebih sadar akan pikiran Anda sendiri.

2. Melihat sesuatu dengan cara pandang berbeda

Menghabiskan waktu dengan orang lain bisa memunculkan ciri kepribadian yang berbeda. Meskipun meniru perilaku seseorang bisa membuat kita terikat dengan teman-teman, tapi itu bisa mengubah pandangan diri Anda sendiri.

Banyak orang lupa memikirkan dan memedulikan kebutuhan serta perasaannya sendiri, karena terlalu sibuk membuat temannya merasa nyaman. Hal ini bisa membuat Anda tidak bisa melihat sesuai dari perspektif yang berbeda.

Jadi, memiliki teman lebih sedikit atau tidak sama sekali justru lebih baik untuk menjaga cara pandang Anda sendiri. Anda juga bisa melihat sesuatu dengan perspektif yang berbeda, tidak sama dengan teman Anda.

3. Bisa membuat pilihan lebih baik

Keseringan berinteraksi dengan teman atau orang lain dan sedikit waktu sendiri justru membuat Anda sulit untuk membuat pilihan yang tepat untuk hidup. Padahal Anda butuh waktu untuk sendiri dalam menentukan pilihan yang tepat dari diri sendiri untuk hidup.

4. Tidak menguntungkan sama sekali

Beberapa orang mungkin terlalu memaksakan diri untuk menjaga pertemanan demi memenuhi kebutuhannya sebagai makhluk sosial. Tapi, interaksi sosial dan menjalin pertemuan dengan penuh tekanan atau terpaksa justru tidak akan memberikan keuntungan sama sekali.

Anda justru akan merasa mudah cemas dan sering kehilangan waktu berharga untuk diri sendiri, yang bisa membuat Anda merasa tidak enak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement