Sejumlah Kebiasaan Ini Bisa Membahayakan Payudara

Ilustrasi payudara. - shutterstock/Suara.com
19 Mei 2021 22:27 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Tanpa perempuan sadari, sejumlah hal sepele ternyata bisa membahayakan payudara.

Payudara merupakan area sensitif yang butuh perawatan khusus. Anda perlu memahami bahwa ada beberapa kebiasaan sepele yang ternyata bisa melukai payudara.

Dirangkum dari Healthshots, inilah beberapa kebiasaan yang bisa melukai payudara Anda. Apa saja?

Tidur tengkurap

Posisi tidur tengkurap bisa mengurangi aliran darah ke payudara, berdampak negatif pada ligamen dan jaringan. Jadi, Anda harus tidur telentang agar payudara Anda tetap sehat.

Memakai ukuran bra yang salah

Mengenakan ukuran bra yang salah bisa menyebabkan kendur payudara yang tidak bisa diperbaiki. Di sisi lain, pemakaian bra yang terlalu ketat akan menghalangi aliran darah ke payudara. Penggunaan bra yang tidak pas juga kerap dikaitkan dengan nyeri leher, punggung, dan bahu.

Mencukur Rambut di Payudara

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Physical Activity and Health, penggunaan pisau cukur di sekitar area puting bisa menyebabkan infeksi. Pencabutan bulu juga bisa meningkatkan risiko terjadinya peradangan.

Tindik puting

Berdasarkan penelitian University of Lowa, tindik di puting disebut bisa merusak saluran produksi ASI dan menyebabkan payudara lebih berrisiko timbulnya abses yang merupakan infeksi berisi nanah yang menyakitkan.

Rokok dan kafein berlebihan

Merokok tak cuma buruk untuk paru-paru dan jantung, tetapi juga bisa menyebabkan masalah terkait payudara, misalnya kehilangan elastisitas, kendur, nyeri payudara, hingga peningkatan risiko kanker payudara.

Tidak memakai bra

Pastikan Anda selalu mengenakan bra ketika keluar untuk joging atau pergi ke gym. Jika tidak, itu bisa menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang parah.

Tak melembabkan payudara

Kulit payudara sangat tipis dan rentan kehilangan elastisitas. Oleh karenanya, ingatlah untuk selalu melembabkan payudara setiap hari.

Sumber : Suara.com