Air Beras Bisa Menyehatkan Rambut, Begini Cara Menggunakannya

Ilustrasi. - Antara
20 Mei 2021 22:57 WIB Ni Luh Anggela Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Air beras ternyata punya manfaat, salah satunya, untuk kesehatan rambut. Meski tidak langsung mengubah rambut Anda bak tokoh Disney Rapunzel, tetapi setidaknya air beras memiliki sifat mengembalikan dan membantu pertumbuhan rambut.

Richy Kandasamy, pewarna rambut dan anggota Kolektif R + Co, menjelaskan secara alamiah 18 asam amino bersatu untuk menciptakan protein untuk menumbuhkan rambut dan air beras mengandung delapan asam amino ini.

“Jadi, ketika air beras digunakan untuk rambut, Anda mengalami lebih banyak regenerasi rambut. Vitamin B, C dan E yang terkandung dalam air beras, juga meningkatkan pertumbuhan rambut.” jelasnya seperti dilansir Elle, Kamis (20/5/2021).

Baca juga: WHO: Tiap Tahun Ratusan Ribu Orang Meninggal karena Kerja Berjam-jam

Selain kaya asam amino yang membuat akar rambut menjadi kuat, menambah kilau dan membuat rambut Anda menjadi halus, air beras juga mengandung karbohidrat yang dikenal sebagai inositol.

Inositol ini berfungsi untuk memperbaiki rambut yang rusak dan melindungi rambut Anda dari kerusakan lebih lanjut. Karena air beras adalah obat alami, ini aman dan tidak ada efek samping saat diaplikasikan pada rambut.

Mencuci rambut menggunakan air beras sangat mudah untuk dilakukan sendiri di rumah. Yang Anda perlukan hanyalah satu cangkir beras, toples atau mangkuk besar dan penyaring.

Baca juga: Jangan Takut Mengonsumsi Telur, Ini Manfaatnya untuk Tubuh

Pertama, masukan air ke dalam mangkuk dan gunakan saringan untuk membilas beras. Pastikan tidak ada kotoran yang tersisa pada beras. Isi toples atau mangkuk tadi dengan segelas air dan tambahkan beras yang telah dicuci bersih. Lalu, aduk beras dalam mangkuk. Jika Anda memiliki toples, Anda dapat menutupnya dan menggoyangkan beras di dalamnya hingga air berubah warna seperti susu.

Diamkan campuran selama 24 jam. Setelah 24 jam, saring cairan dari beras. Cairan yang sudah disaring dapat Anda simpan dalam toples, atau botol sampo yang sudah kosong.

Cara penggunaannya sama seperti saat Anda sedang keramas. Basahi rambut dengan air beras, terutama pada area kulit kepala, lalu pijat pelan selama lima menit. Langkah-langkah ini menargetkan folikel Anda, yang merangsang pertumbuhan dan memperkuat rambut Anda. Diamkan selama lima menit, lalu gunakan sampo untuk membersihkan sisa-sisa air beras.

Air beras aman digunakan untuk semua jenis rambut.

Sumber : Bisnis.com