Begini Cara Menghitung Kebutuhan Protein untuk Tubuh

Ilustrasi. - Ist/Freepik
21 Mei 2021 23:07 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Protein sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, namuan banyak di antara kita tak tahu bagaimana cara menghitung jumlah protein dalam tubuh.

Dijelaskan Senior Director, Worldwide Nutrition Education and Training, Herbalife Nutrition Susan Bowerman, protein memiliki banyak fungsi dalam tubuh, sehingga sangat penting untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Namun masing-masing orang kebutuhannya berbeda-beda.

"Kebutuhan protein harian tergantung pada banyak faktor, seperti berat badan dan seberapa banyak otot yang dimiliki, bukan hanya dilihat dari faktor pria atau wanita," terangnya lewat keterangan resmi yang diterima Okezone-jaringan Harianjogja.com.

Sayangnya, Anda pasti bingung bagaimana cara tepat untuk menghitung protein sesuai kalori. Susan merekomendasikan banyak cara, tapi yang paling mudah diingat yakni mengatur asupan protein lewat makanan.

"Menurut saya, yang paling mudah adalah membuat perkiraan bahwa jumlah protein dalam makanan adalah 25 gram per porsi, dan jumlah protein dalam makanan ringan sekitar 10g per porsi," tambah dia.

Susan juga mencontohkan berapa porsi protein yang dibutuhkan oleh tubuh dengan cara yang sederhana.

"Misalnya, 3 ons ikan atau ayam yang dimasak mengandung protein sekitar 25 gram. Sementara camilan dari satu kotak yoghurt, satu batang protein bar, atau segenggam kacang kedelai panggang akan mengandung protein sekitar 10 gram," tuturnya.

Sehingga jika seorang wanita menginginkan asupan protein sekitar 100gr sehari, maka dapat dengan mudah melakukannya dengan mendapat 25gr (per porsi) setiap makan, dan mengkonsumsi beberapa camilan berprotein.

Sementara itu, jika Anda seorang pria yang menargetkan asupan protein sekitar 150 gr sehari, Anda cukup menggandakan porsi asupan protein dalam beberapa kali makan untuk mencapai target.

Selain itu, salah satu pedoman dari Institute of Medicine juga merekomendasikan agar kita makan 10 hingga 35 persen dari total kalori harian kita dari protein. Pedoman ini hanya sedikit membantu, khususnya untuk mengetahui protein yang dibutuhkan guna memenuhi kebutuhan kalori kita. Tetapi kisaran persentase kalori amat luas, dan mayoritas orang pasti akan kesulitan untuk memastikannya.

Artikel ini telah tayang di Okezone.com berjudul "Menghitung Kebutuhan Protein Harian yang Dibutuhkan Tubuh"

Sumber : Okezone.com