Keunggulan Buah Naga Menurut Para Ahli Nutrisi

Buah Naga. - Freepik
24 Mei 2021 20:17 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Buah naga merupakan salah satu buah yang populer di Indonesia. Seperti kebanyakan buah-buahan, banyak ahli nutrisi yang juga merekomendasikan buah ini untuk mendapatkan antioksidan, mendukung kesehatan usus, dan bahkan membantu mengelola diabetes.

Dilansir dari The Healthy, menurut Akua Woolbright, MD, direktur nutrisi nasional untuk Whole Cities Foundation, badan nirlaba dari Whole Foods, buah naga berasal dari Amerika Tengah, sering ditemukan di Meksiko, tetapi dapat tumbuh di seluruh dunia.

Buah naga memiliki daging buah berwarna putih atau merah- tergantung jenisnya - dan memiliki biji hitam kecil yang tersebar di dalamnya.

Baca juga: 4 Ciri Kekasih Pria yang Egois, Sebaiknya Dihindari

“Biji kecil di dalamnya renyah, tetapi dapat dimakan, seperti buah kiwi,” kata Susan Bowerman, RD, direktur senior pendidikan dan pelatihan nutrisi untuk Herbalife Nutrition.

Menurut Bowerman, varietas buah naga dengan daging berwarna putih cenderung memiliki rasa yang sangat lembut, sedangkan varietas yang berwarna merah cenderung memiliki rasa yang lebih mirip dengan semangka.

Berikut keunggulan buah naga menurut para ahli nutrisi;

Nutrisi lengkap dalam buah naga

Buah naga rendah kalori (60 kkal) namun mengandung banyak nutrisi penting. Di antaranya protein (1,2 g/100 g), karbohidrat (13 g/100 g), serat (2,9 g/100), kalsium (18 mg/100 g), vitamin C (2,5 mg/100 g), zat besi (0,74 mg/100 g), magnesium (6,3 mg/100 g), dan fosfor (60,2 mg/100 g).

“Buah dengan warna daging yang lebih tua mungkin memiliki nilai gizi yang lebih tinggi,” kata Dr. Woolbright.

Meskipun buah naga belum secara langsung dikaitkan dengan pencegahan penyakit, makanan yang kaya antioksidan dan serat itu diduga dapat mendukung kesehatan jantung sekaligus melawan peradangan yang dapat meningkatkan risiko penyakit di masa depan, demikian dikatakan Erin Palinski-Wade, ahli diet terdaftar.

Tinggi serat

Buah naga juga kaya serat, yang akan membantu meringankan sembelit dan menggerakkan usus. Satu buah naga rata-rata mengandung 2 gram serat, demikian menurut Jenna Gorham, ahli gizi berlisensi.

Tak hanya bermanfaat bagi penderita sembelit. Kandungan seratnya juga dapat membantu menurunkan kolesterol, gula darah, dan tekanan darah serta mendukung sistem pencernaan yang sehat.

Mengandung magnesium

Buah naga mengandung lebih banyak magnesium daripada kebanyakan buah lainnya. Magnesium sendiri menawarkan banyak manfaat kesehatan, termasuk menurunkan risiko penyakit jantung, mengurangi kecemasan, dan menurunkan tekanan darah.

"Kadar magnesium yang rendah dapat meningkatkan insomnia, jadi menambahkan buah naga ke dalam makanan dapat membantu meningkatkan kualitas tidur," kata Palinski-Wade.

Tinggi vitamin C

Buah naga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mengandung vitamin C dalam jumlah yang cukup tinggi.

Mengandung prebiotik

Probiotik — bakteri baik yang membantu menjaga sistem pencernaan Anda tetap sehat, membutuhkan prebiotik untuk memberi mereka makan dan mendorong pertumbuhannya.

“Prebiotik yang terkandung dalam buah naga membantu mendukung kesehatan usus,” jelas Dr. Woolbright.

Membantu menurunkan berat badan

“Buah naga secara alami bebas lemak, rendah kalori, dan tinggi serat, menjadikannya pilihan makanan yang sangat baik untuk menurunkan berat badan,” kata Dr. Woolbright.

“Sebagai buah yang kaya serat, buah naga dapat bermanfaat bagi berat badan. Makan makanan kaya serat dikaitkan dengan peningkatan berat badan dan pengurangan lingkar pinggang," kata Palinski-Wade.

Karena kebanyakan orang tidak mengonsumsi cukup serat, bahkan secangkir sehari pun dapat membuat perbedaan.

"Ini dapat membantu memberikan perasaan kenyang yang dapat menyebabkan lebih sedikit kalori yang dikonsumsi di kemudian hari," kata Palinski-Wade.

Selain itu, makanan berserat tinggi dapat membantu menstabilkan kadar gula darah, dan melawan keinginan ngemil.

Sumber : Suara.com