Begini 9 Cara Membaca Karakter Orang Lain

Ilustrasi - Newhorizonspcs
26 Mei 2021 22:57 WIB Mia Chitra Dinisari Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Mengenal karakter orang, memudahkan kita untuk berkomunikasi dan beradaptasi dengannya. Bahkan, bisa jadi menjadi sahabat atau pasangannya.

Sebagian orang merasa sulit mengetahui karakter orang dari pertemuan pertama. Iya memang agak sulit. Tapi, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui karakter orang dari gaya dan penampilannya berikut ini seperti dilansir dari Times of India :

1. Terbuka dan open minded

Biarkan pikiran Anda terbuka dan jangan biarkan emosi dan pengalaman Anda di masa lalu memengaruhi penilaian Anda pada seseorang di masa kini dan masa mendatang

2. Buat batasan

Orang memiliki kebiasaan dan pola kebiasaan yang berbeda. Kadang, sikap mereka bisa dipengaruhi emosi mereka baik itu kemarahan, atau gugup. Karenanya buat batasan untuk menilai terlepas dari emosi mereka saat itu.

3. Perhatikan penampilan

Ini adalah hal yang orang coba tunjukkan pada orang lain. Semisal kaos dengan tulisan tertentu, tato, atau cincin yang dikenakan. Apapun yang mereka kenakan, Anda bisa mengenal mereka.

4. Perhatikan gerak gerik

Semua kata dan gerak gerik atau gestur seseorang menunjukkan apa yang dirasakannya. Ketika mereka menunjukkan hal yang berbeda dari biasanya, ketahui sedang ada yang salah pada diri mereka.

5. Jangan abaikan obrolan ringan

Obrolan ringan bisa membantu Anda menganalisa seseorang dalam situasi normal. Ini bisa membuat Anda bisa menilai lebih tepat seperti apa karakter orang tersebut.

6. Perhatikan cara berjalan mereka

Anda bisa mengetahui seseorang introvert atau ekstrovert dari cara mereka berjalan. Jika mereka cenderung menunduk dan berjalan cepat, umumnya mereka introvert dan pemalu.

7. Jangan berasumsi

Jangan berasumsi soal karakter dan kepribadian orang. Ini bisa berakibat fatal pada hubungan Anda.

8. Perhatikan ucapan mereka

Perhatikan ucapan dan kata-kata yang keluar dari mulut mereka. Anda bahkan bisa mengetahui seberapa teredukasinya mereka dari cara berbicara.

9. Dengarkan hati nurani Anda

Mendengarkan hati nurani sendiri untuk mengetahui karakter orang juga diperlukan. Kadang kita menyadari dia baik atau buruk dari bisikan hati nurani.

Sumber : JIBI/Bisnis.com