Advertisement

Tak Perlu Malu Dibilang Cengeng, Menangis Ternyata Ada Manfaatnya

Yuliana Hema
Jum'at, 28 Mei 2021 - 11:37 WIB
Nina Atmasari
Tak Perlu Malu Dibilang Cengeng, Menangis Ternyata Ada Manfaatnya Ilustrasi menangis

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Menangis diidentikkan dengan cengeng. Padahal, seseorang bisa menangis untuk meluapkan berbagai emosi dari sedih, senang, marah hingga frustasi. 

Para peneliti menemukan bahwa menangis dapat bermanfaat bagi tubuh dan pikiran Anda bahkan  manfaat tersebut dimulai sejak Anda lahir. Merangkum dari berbagai sumber, ini enam manfaat menangis bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui: 

Advertisement

1. Mendetoksifikasi tubuh

Ada tiga jenis air mata yang dimiliki oleh manusia yakni air mata refleks, air mata basal dan air mata emosional. Ketiganya memiliki manfaatnya masing-masing. 

Air mata refleks berfungsi untuk membersihkan kotoran seperti asap dan debu dari mata Anda. Air  mata basal membantu mata agar terhindar dari infeksi dan air mata emosional dapat  membawa keluar hormon stres dan racun lainnya.

2. Membantu menenangkan diri 

Peneliti menemukan bahwa menangis dapat mengaktifkan sistem saraf parasimpatik. Dimana saraf tersebut dapat membantu tubuh Anda untuk beristirahat. 

Namun, manfaat ini tidak dapat Anda rasakan langsung. Anda perlu beberapa saat setelah menangis untuk merasakan efek ini. 

3. Membantu melawan bakteri

Kandungan lisozim pada air mata dapat membunuh bakteri dan menjaga kebersihan mata. Sebuah studi menemukan, lisozim memiliki sifat antimikroba yang sangat kuat sehingga dapat membantu mengurangi risiko penyakit seperti antraks. 

4. Meningkatkan penglihatan 

Air mata basal dapat diibaratkan sebagai sebuah pelumas bagi mata Anda. National Eye Institute menjelaskan efek pelumas dari air mata basal membantu seseorang untuk melihat lebih jelas.

Selain itu, air mata basal membantu mata Anda agar tetap lembab sehingga mencegah selaput lendir mengering.

5. Membantu meredakan nyeri 

Selain menenangkan diri, air mata emosional dapat melepaskan oksitosin dan endorfin. Kedua zat tersebut dapat membuat Anda merasa lebih baik dan dapat meringankan rasa sakit fisik dan emosional.

Dengan kata lain, menangis dapat membantu mengurangi rasa sakit dan meningkatkan rasa nyaman.  

5. Meningkatkan mood

Selain dapat meredakan rasa sakit, menangis dapat membantu meningkatkan semangat Anda. Saat Anda terisak, Anda akan menghirup udara sejuk dengan cepat dan membantu menurunkan suhu otak Anda. 

Otak yang dingin membuat tubuh Anda lebih senang dibandingkan dengan otak yang hangat. Akibatnya, suasana hati Anda pun turut membaik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kronologi Bocah Hanyut Saat Bermain di Tepian Sungai Oyo

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement