Kenali 4 Gejala Covid-19 yang Muncul Setelah Vaksinasi 

Seorang pasien menerima suntikan pertama dari dua suntikan vaksin Covid-19 buatan Pfizer/BioNTech di ruang operasi di Wolverhampton, Inggris, Senin (14/12/2020). - REUTERS/Antara
01 Juni 2021 13:27 WIB Feni Freycinetia Fitriani Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Hingga saat ini, sudah ratusan juta orang di berbagai negara telah mendapatkan vaksinasi Covid-19. Meskipun vaksinasi merupakan cara terbaik untuk melindungi diri dari virus Corona serta penyakit yang berpotensi mematikan, ada laporan orang-orang masih dinyatakan positif Covid-19 setelah mendapat suntikan.

Hal itu terjadi karena dibutuhkan beberapa minggu bagi tubuh untuk mengembangkan perlindungan terhadap virus Corona. Apalagi, vaksin Covid-19 yang tersedia saat ini membutuhkan dua dosis agar efektif sepenuhnya.  

Para ilmuwan di King's College London, Inggris telah meneliti kasus infeksi setelah vaksinasi Covid-19. Ilmuwan tersebut memeriksa data dari sekitar 1,1 juta warga Inggris yang telah divaksinasi antara Desember 2020 hingga pertengahan Mei 2021.

Mereka menemukan bahwa 2.278 orang dewasa dinyatakan positif setelah vaksinasi, atau hanya 0,2 persen dari total populasi penelitian. Angka itu turun lebih jauh untuk mereka yang memiliki dua dosis, dengan hanya 187 orang atau 0,03 persen tertular Covid-19. Peneliti mengidentifikasi sejumlah gejala yang harus diwaspadai setelah Anda mendapatkan vaksin virus Corona. 

Berikut empat gejala Covid-19 yang bisa muncul setelah vaksinasi seperti melansir Bisnis.com-jaringan Harianjogja com dari Mirror.co.uk: 

1. Bersin-Bersin 

Meski tidak termasuk sebagai salah satu gejala utama penyakit, para ilmuwan mengatakan bersin mungkin perlu dipantau sebagai indikasi Covid-19. 

Gejala Covid-19 tersebut terjadi pada 24 persen umumnya pada orang yang berusia di bawah 60 tahun setelah mendapatkan vaksinasi. Bersin adalah satu-satunya gejala yang lebih sering dilaporkan pada orang yang divaksinasi dengan Covid.

Peneliti King's College London mengamati ratusan ribu orang di Inggris menggunakan aplikasi ZOE untuk memantau gejala Covid-19. Namun, penelitian tersebut menemukan bahwa mereka yang telah divaksinasi terhadap virus cenderung tidak melaporkan gejala awal virus Corona.

2. Sesak Napas

Meski berbagai kondisi kesehatan bisa memicu sesak napas, Covid-19 bisa jadi salah satunya. Jika Anda merasa kehabisan napas atau terengah-engah setelah vaksinasi, ada baiknya Anda melakukan tes antigen atau PCR. 

Sebuah penelitian di Inggris memaparkan orang yang divaksinasi dengan Covid-19 melaporkan tingkat sesak napas yang serupa. Namun, penting untuk dicatat bahwa orang dewasa yang divaksinasi yang tertular Covid-19 mengalami penyakit yang lebih ringan daripada mereka yang tidak disuntik. 

3. Sakit Telinga

Sakit telinga adalah gejala potensial lain yang harus diwaspadai oleh orang-orang yang telah mendapatkan vaksin Covid-19.

Pasien Covid-19 yang belum disuntik mengeluh tinnitus, suatu kondisi yang menyebabkan telinga berdenging terus-menerus serta pendengaran yang teredam. Jika Anda menderita sakit telinga di hari-hari setelah mendapat suntikan vaksin, itu bisa menjadi tanda Anda telah terjangkit Covid-19. 

4. Kelenjar Bengkak

Meskipun biasanya hilang dalam beberapa hari, kelenjar yang bengkak bisa juga menjadi tanda infeksi Covid-19

Siapa pun yang telah mendapat suntikan vaksin harus menyadari bahwa satu dari empat orang mengalami efek samping, termasuk berkeringat, menggigil, kelelahan, dan nyeri tubuh. 

Efek samping tersebut biasanya memuncak dalam 24 jam pertama setelah suntikan vaksin dan bertahan satu hingga dua hari. Jika Anda mengalami gejala kelenjar bengkak atau nyeri badan yang tak kunjung hilang, sebaiknya segera periksa ke dokter. 

Sumber : Bisnis.com