4 Manfaat Bawang Putih Mentah untuk Kesehatan

Bawang putih - boldsky.com
02 Juni 2021 12:07 WIB Mia Chitra Dinisari Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Salah satu rempah yang populer di Indonesia adalah bawang putih. Rasanya unik dan manfaat kesehatan yang kuat.

Namun, bawang putih biasanya ditumis, dipanggang, atau dipanggang sebelum ditambahkan ke resep.

Karena alasan ini, banyak orang yang tidak yakin apakah bawang putih mentah aman untuk dikonsumsi.

Muncul juga pertanyaan bisakah Anda makan bawang putih mentah?

Di sebagian besar resep, bawang putih biasanya dimasak atau digunakan dalam bentuk bubuk.

Memasak bawang putih mengubah rasa dan teksturnya, membuatnya lebih lembut, lebih lembut, dan lebih kental serta memberikan rasa dan aroma yang lebih halus. Namun, itu juga bisa dinikmati mentah daripada dimasak.

Meskipun bawang putih mentah cenderung memiliki rasa yang lebih kuat dan lebih pedas, bawang putih dapat dikonsumsi dengan aman dan merupakan tambahan yang bagus untuk banyak hidangan.

Bahkan, bawang putih mentah sering ditambahkan ke saus, seperti aioli atau pesto.

Terlebih lagi, bawang putih mentah bahkan dapat mempertahankan senyawa yang lebih bermanfaat dan meningkatkan  kesehatan Anda.

Meskipun bawang putih mentah memiliki rasa yang lebih kuat dan lebih pedas daripada bawang putih matang, namun aman dikonsumsi dan dapat ditambahkan ke berbagai resep.

Bawang putih adalah sumber allicin, senyawa yang mengandung belerang yang terkait dengan banyak manfaat kesehatan (1Trusted Source).

Allicin, yang bertanggung jawab atas rasa dan bau bawang putih yang berbeda, diproduksi saat bawang putih segar dihancurkan atau dicincang (1Trusted Source).

Menariknya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa allicin dapat membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan Anda dan mungkin menawarkan perlindungan terhadap kondisi seperti penyakit jantung dan kanker (1Trusted Source).

Namun, penelitian menunjukkan bahwa memanggang, merebus, memanaskan, atau mengasinkan bawang putih dapat secara signifikan mengurangi kandungan allicinnya (2Trusted Source, 3Trusted Source).

Oleh karena itu, meskipun mengonsumsi bawang putih matang dapat bermanfaat, konsumsi bawang putih mentah dapat membantu memaksimalkan nilai gizinya.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan potensial dari bawang putih mentah:

1. Meningkatkan kekebalan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, yang mungkin disebabkan oleh kandungan antioksidan dan senyawa yang mengandung belerang seperti allicin (4Trusted Source, 5Trusted Source).

2. Mendukung kesehatan jantung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol untuk mendukung kesehatan jantung (6Trusted Source).

3. Menstabilkan kadar gula darah. Bawang putih dapat membantu mengurangi kadar gula darah puasa dan meningkatkan pengelolaan gula darah, yang mungkin bermanfaat untuk mengelola diabetes tipe 2 (7Trusted Source, 8Trusted Source).

4. Melindungi kesehatan otak. Meskipun penelitian pada manusia terbatas, penelitian pada hewan menunjukkan bahwa mengonsumsi bawang putih segar atau ekstrak bawang putih tua dalam jumlah tinggi dapat meningkatkan daya ingat dan mendukung kesehatan otak (9Trusted Source, 10Trusted Source, 11Trusted Source).

Sumber : Bisnis.com