Hasil Tes Bisa Negatif Meski sedang Hamil, Ini Penjelasannya

Ilustrasi. - Freepik
04 Juni 2021 05:17 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Mengetes kehamilan bisa dilakukan dengan mudah menggunakan alat tes kehamilan rumahan. Alat tes ini biasanya akurat, tetapi peneliti memperkirakan lima persen dari alat tes masih berisiko memberikan hasil negatif palsu.

Jadi, alat tes bisa saja menunjukkan tidak hamil padahal sebenarnya Anda hamil.

Ada beberapa alasan mengapa alat tes hamil rumahan memberi hasil negatif palsu. Dilansir Insider, berikut beberapa faktor penyebabnya:

1. Melakukan tes terlalu dini, atau di awal kehamilan

Tes kehamilan bekerja dengan mengukur kadar hormon kehamilan human chorionic gonadotropin (hCG) dalam urin. Sementara jumlah hCG mulai meningkat setelah sel telur yang sudah dibuahi ditanamkan ke dalam rahim dan dapat dideteksi sekitar 10 hari setelah pembuahan.

"Sebagian besar tes kehamilan akan bekerja dengan baik jika dilakukan pada saat Anda melewatkan menstruasi, yang biasanya 2 minggu setelah ovulasi atau 28 hari setelah periode terakhir," kata Pamela Berens, MD, OB-GYN dengan dokter UT di Universitas Texas.

Jadi, jika melakukan tes kehamilan sebelum waktu ini, Anda mungkin mendapatkan hasil negatif palsu.

2. Terlalu cepat memeriksa hasilnya

Alat tes umumnya disertai dengan instruksi tentang berapa lama Anda harus menunggu hasil, yang biasanya berkisar antara satu hingga dua menit.

Ini disebabkan oleh antibodi dalam alat tes membutuhkan waktu untuk mendeteksi hCG dalam urin.

3. Urin terlalu encer

Untuk mendapatkan hasil positif yang akurat dari tes kehamilan, Anda harus memiliki konsentrasi hCG yang tinggi, yang dipengaruhi oleh faktor:

Urin memiliki konsentrasi hCG tertinggi di pagi hari, saat belum minum air sama sekali.
Minum banyak cairan dapat mengencerkan urin dan menurunkan konsentrasi hCG. Jadi, sebaiknya hindari minum terlalu banyak air sebelum tes.

4. Alat kedaluwarsa atau rusak

Jika tes kehamilan Anda kedaluwarsa, kemungkinan besar akan memberikan hasil negatif palsu. Sebab, antibodi dalam tes yang bereaksi terhadap hormon hCG perlahan menguap seiring waktu, pada akhirnya akan ada terlalu sedikit antibodi untuk merasakan hCG secara akurat.

Sumber : Suara.com