Advertisement

Ini Penyebab Anak Muda Terkena Masalah Kolesterol

Meuthia Novianthree Nafasya
Senin, 07 Juni 2021 - 21:37 WIB
Bhekti Suryani
Ini Penyebab Anak Muda Terkena Masalah Kolesterol Ilustrasi kolesterol - istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Tubuh manusia membutuh kolesterol untuk membuat hormon, vitamin D, dan zat lainnya untuk membantu mencerna lainnya. Namun, akan menjadi bahaya jika memiliki kolesterol berlebih.  

Kolesterol merupakan zat seperti lemak yang ditemukan pada seluruh tubuh manusia. Kolesterol juga ada pada makanan sumber hewani seperti kuning telur, daging, dan keju. 

Advertisement

Dilansir dari medlineplus.gov menyebutkan apabila tubuh manusia memiliki kolesterol berlebih dalam darah akan membentuk Plak. Penumpukan plak ini disebut aterosklerosis yang dapat menyebabkan tersumbatnya arteri koroner. 

Apa Penyebab Kolesterol Tinggi? 

Kebiasaan memakan makanan yang tidak sehat seperti memakan lemak jahat. Hal itu ada pada beberapa daging, produk susu, cokelat, makanan yang dipanggang dan makanan yang digoreng. 

Kurangnya aktivitas fisik juga dapat menjadi penyebab kolesterol tinggi. Seseorang lebih sering memilih untuk berdiam diri dibandingkan melakukan olahraga. 

Selain itu, genetika juga dapat menyebabkan seseorang memiliki kolesterol tinggi. Hiperkolesterolemia Familial (FH) merupakan bentuk kolesterol yang dapat diturunkan melalui gen. 

Apa yang dapat meningkatkan risiko kolesterol seseorang meningkat? 

Umur, kadar kolesterol seseorang cenderung meningkat seiring bertambahnya usia. Kendati demikian, orang yang lebih muda seperti anak-anak atau remaja juga dapat memiliki kolesterol tinggi. 

Keturunan, seperti yang telah disebutkan di atas kolesterol juga dapat diturunkan dari genetika keluarga yang memiliki riwayat kolesterol tinggi. 

Berat badan, kelebihan berat badan atau biasa disebut dengan obesitas juga dapat meningkatkan kadar kolesterol seseorang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Progres TPS 3R Karangmiri Mengalami Perlambatan, Pengolahan Sampah Pemkot Jogja Bertumpu pada Nitikan

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement