Advertisement

Sejuta Manfaat dari Semangkuk Bayam

Lukman Nur Hakim
Selasa, 08 Juni 2021 - 00:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Sejuta Manfaat dari Semangkuk Bayam Bayam - boldsky.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Bayam merupakan salah satu sayuran yang dikenal memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia, terlebih untuk anak anak. Bayam juga dikenal sebagai sayuran yang berguna untuk meningkatkan kontrol glukosa bagi para penderita diabetes.

Bayam juga bisa digunakan untuk menurunkan risiko kanker, dan meningkatkan kesehatan tulang, serta memasok mineral dan vitamin yang dapat memberikan berbagai macam manfaat kesehatan. 

Advertisement

Dilansir dari Medical News Today pada Senin (7/6/2021), berikut nilai nutrisi dan zat yang terkandung dalam bayam. Didalam satu mangkuk bayam, anda akan mendapatkan nilai gizi seperti berikut dan berbagai macam zat lainnya:

1. 7 kalori

2. 0,86 gram (g) protein

3. 30 miligram (mg) kalsium

4. 0,81 g besi

5. 24 mg magnesium

6. 167 mg kalium

7. 2.813 unit internasional (IU) Vitamin A

8. 58 mikrogram folat

9. Bayam juga mengandung vitamin K, serat, fosfor, dan tiamin. Sebagian besar kalori dalam bayam berasal dari protein dan karbohidrat.

Besi

Kekurangan zat besi dalam makanan dapat mempengaruhi seberapa efisien tubuh menggunakan energi. Bayam adalah sumber zat besi yang hebat. Pastikan untuk menggabungkan makanan kaya vitamin C seperti buah jeruk dengan zat besi nabati seperti bayam untuk meningkatkan penyerapan.

Kalsium

Bayam mengandung sekitar 250 mg kalsium per cangkir. Namun, itu kurang mudah diserap daripada kalsium yang diperoleh dari sumber susu. Bayam memiliki kandungan oksalat yang tinggi, yang mengikat kalsium. Hal ini membuat tubuh kita sulit untuk menggunakannya.

Magnesium

Bayam juga merupakan salah satu sumber magnesium makanan terbaik, yang diperlukan untuk metabolisme energi, menjaga fungsi otot dan saraf, irama jantung yang teratur, sistem kekebalan tubuh yang sehat, dan menjaga tekanan darah. Magnesium juga berperan dalam ratusan reaksi biokimia lainnya yang terjadi di dalam tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pansus DPRD DIY Mulai Bahas Perubahan Aturan Soal Pengisian Jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Darurat, Kasus Demam Berdarah di Amerika Tembus 5,2 Juta, 1.800 Orang Meninggal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement