Advertisement

Simak! 4 Penyebab Jerawat Meninggalkan ‘Bopeng’ di Wajah

Ni Luh Anggela
Rabu, 09 Juni 2021 - 00:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Simak! 4 Penyebab Jerawat Meninggalkan ‘Bopeng’ di Wajah Ilustrasi - Esteticausine

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Jerawat (acne) sering kali membuat seseorang tidak percaya diri. Jerawat sendiri adalah gangguan pada kulit yang berhubungan dengan produksi minyak (sebum) berlebih yang ditandai dengan adanya komedo, pustule, papula, nodul dan kista.

Beberapa kondisi yang dapat memicu jerawat antara lain produksi minyak berlebih, sumbatan pada folikel rambut, adanya bakteri Propionibacterium acnes yang berkembang, faktor genetik, stres, hingga hormon. Tidak hanya di wajah, jerawat juga dapat muncul di bagian tubuh dengan kelenjar minyak terbanyak, yaitu di leher, bagian atas dada dan punggung.
 
Jerawat paling umum terjadi pada remaja dan dewasa muda. Selain kemunculannya menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman, jerawat juga kerap kali mengganggu penampilan. Tidak heran banyak orang menggunakan beragam cara untuk menghilangkan jerawat. Mulai dari menggunakan bahan-bahan alami, membeli produk yang dijual di pasaran, hingga pergi ke tempat perawatan jerawat.
 
Terkadang, jerawat dapat meninggalkan noda hitam bahkan bopeng. Bopeng pada wajah tentu membuat Anda semakin tidak percaya diri. dr. Listya Paramita, Sp.KK membagikan beberapa alasan yang menyebabkan jerawat meninggalkan bopeng di wajah Anda.
 
1. Genetik

Advertisement

“Coba cek, dalam keluarga ada yang mengalami hal yang sama atau tidak? Jika ada, berarti ada genetik yang berperan” tulisnya pada akun Instagram pribadinya @drmita.spkk.
 
Memang ada jenis kulit yang tidak tahan dengan gempuran jerawat, sehingga akan meninggalkan bekas bopeng pada wajah Anda. Karena bersifat genetik, sebaiknya tidak Anda perparah dengan faktor lain yang bisa dihindari.
 
2. Kekronisan Jerawat

Jerawat yang terjadi dalam waktu lama, terutama ketika reaksi radang berlebihan, dan terjadi berulang-ulang akan meningkatkan risiko terjadinya bopeng. Semakin kronis jerawatnya, semakin buruk pula bopeng yang dapat terjadi.
 
3. Kecepatan dan Ketepatan Terapi

Terlambat dalam mengobati jerawat akan berpengaruh dalam kemunculan bopeng.
 
“Mengobati sesegera mungkin adalah kunci, tentu saja dengan pengobatan yang benar dan tepat ya” kata dokter yang akrab disapa Mita ini.
 
Jika jerawat tidak kunjung membaik bahkan hingga 2-3 bulan, dr Mita menyarankan untuk segera memeriksakannya ke dokter.
 
4.  Hobi Memanipulasi Jerawat

Jerawat yang sering dipegang-pegang, dipencet, dicungkil atau ditusuk, mulailah untuk menghentikan kebiasaan ini. Hal ini membuat jerawat Anda semakin tidak karuan dan berpotensi menimbulkan bopeng di kemudian hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement